Pemkab Tuban Akan Minta Dispensasi Pembatasan Solar untuk Nelayan

Wabup Noor Nahar
Wabup Noor Nahar

kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban akan meminta dispensasi kepada Pertamina terkait pembatasan pembelian solar bersubsidi yang akan diperuntukkan bagi jnelayan, Selasa (05/08). Permintaan dispensasi pembelian solar bersubsidi tersebut khusus untuk para nelayan.

Permintaan dispensasi pembelian solar bersubsidi kepada Pertamina tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Husain. Menurutnya, Tuban memiliki laut sepanjang 65 kilo meter. Selain itu, ribuan masyarakat Tuban yang bermatapecaharian sebagai nelayan. Sehingga, pembatasan pembelian solar bersubsidi tersebut akan memberatkan para nelayan.

”Untuk itu, kami melalui Dinas Perekonomian dan Pariwisata akan segera mengirimkan surat kepada Pertamina, untuk Tuban ini jangan dulu pembelian solar bersubsidi dibatasi. Paling tidak tahun depanlah baru diberlakukan,” terang, Wabub Noor Nahar.

Menurutnya, jika pembatasan pembelian solar bersubsidi tersebut dilakukan tahun depan, Pemkab bisa mensosialisasikan hal tersebut kepada para nelayan. Selain itu, juga menyiapkan dan mengoptimalkan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN). ”Jika SPBN ini sudah siap semua, saya kira pembatasan solar tersebut baru bisa dijalankan untuk para nelayan,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, pembatasan pembelian solar bersubsidi yang dilakukan Pertamina mulai, Senin (04/08) membuat para nelayan resah. Pasalnya, saat ini Pertamina memberikan batas waktu untuk konsumen yang akan melakukan pembelian solar bersubsidi, yakni mulai pukul 08.00 sampai 18.00 Wib.

Juwarsono (52) salah satu nelayan Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban saat ditemui kotatuban.com, Senin (04/08) mengungkapkan, bahwa nelayan sangat keberatan dengan adanya pembatasan solar bersubsidi tersebut. Pasalnya, sebelum adanya pembatasan pembelian solar bersubsidi, di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) sering kali telat.

”Kalau waktu pembelian solar di SPBU dibatasi saya khawatir kalau nelayan akan sering tidak kebagian solar. Karena saat ini saya nelayan sering kali tidak dapat solar bersubsidi tersebut,” pungkasnya. (duc)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.