Pemkab Tuban Anggarkan Rp 30 M untuk Perawatan Jalan

Rusak parah belum disentuh perawatan
kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menganggarkan untuk perawatan jalan cukup besar. Anggaran untuk perawatan jalan rusak tersebut kurang lebih sekitar Rp 30 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tuban tahun 2016. 

”Perawatan jalan setiap satu kecamatan kita anggarkan rata-rata sekitar Rp 1,5 miliar, tergantung dari besar kecilnya wilayah dan tingkat kerusakan,” terang, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tuban, Choliq  Qunnasich, Sabtu (15/10).

Menurutnya, ada enam kecamatan di Kabupaten Tuban yang menjadi prioritas pemeliharaan jalan yang rusak. Yakni, Kecamatan Widang, Plumpang, Rengel, Soko, Senori dan Kecamatan Semanding. 

”Enam kecamatan itu ada perhatian khusus karena ada beberap titik jalan yang rusak parah, dan sangat perlu dilakukan proses pemeliharan,” ungkapnya.

Ditambahkan, proses pengelolaan pemeliharaan jalan itu harus dilakukan secara rutin untuk menghindari kerusakan yang lebih parah. Dan perbaikan jalan itu sangat penting dilakukan karena memengaruhi perputaran roda ekonomi.

”Kita terus berkomitmen secara baik untuk melakukan tugas itu, agar masyarakat bisa terlayani dengan baik. Sehingga, masyarakat merasakan nyaman dalam melakukan kegiatan sehari-hari,” terangnya.

Namun, sampai saat ini masih ditemukan beberapa jalan yang mengalami kerusakan parah yang belum di sentuh Pemkab Tuban. Bahkan kerusakan semakin parah karena terkena air hujan yang sepekan terus mengguyur wilayah Tuban. Di samping karena gerusan air hujan, kerusakan juga di akibatkan oleh tekanan muatan berat dari kendaraan yang melebihi tonase.

”Kerusakan jalan saat ini disebakan hujan dan kendaran yang melebihi beban, sehingga banyak jalan yang aspalnya mengelupas,” terang Tugiono, salah satu warga Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.