Pemkab Tuban Bakal Bina Penambang Kumbung

kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban akan melakukan pembinaan bagi para penambang batu kapur dan pemilik lahan. Hal tersebut dilakukan lantaran sering terjadinya insident di areal tambang batu kumbung yang ada di Tuban. Bahkan, sering kali kejadian-kejadian di areal penambangan batu kumbung mengakibatkan kematian.

”Banyak kejadian yang disebabkan kelalaian para penambang dan pemilik lahan tambang yang dapat mengakibatkan kecelakaan kerja,” terang, Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein, Sabtu (24/12).

Menurutnya, pembinaan dan pengawasan penambang kumbung beserta pemilik lahan tambang agar kecelakaan kerja diareal tambang tidak terjadi lagi. Sedangkan, pembinaan atau arahan itu nantinya akan di lakukan dengan pihak camat yang di wilayahnya terdapat lokasi tambang. Pembinaan tersebut tentang bagaimana cara menambang yang baik, sehingga keselamatan kerja buat masyarakat tetap terjaga.

”Keselamat dalam para pekerja dalam menambang harus diutamakan, yakni dengan cara menambang yang baik,” ungkapnya.

Selain itu, kata Wabup, masyarakat juga paham bagaimana cara menambang batu kapur yang baik dan benar. Supaya lingkungan yang ada di area batu kapur tidak rusak.

”Sosialisasi ini nantinya akan kita laksanakan disemua daerah yang ada lokasi penambangan batu kumbungnya,” ujar pria yang juga ketua DPC PKB Tuban itu.

Dengan sosialisasi tersebut, lanjut Wabub Noor Nahar, diharapkan para penambang dapat bekerja dengan baik, dapat menjaga keselamatan, dan tidak membahayakan orang lain. Yang tidak kalah pentingnya penambangan tidak merusak alam.

”Menambang itu harusnya memiliki konsep terlebih dahulu, nanti pasca tambang ini akan kita jadikan apa?. Dan menambang jangan sampai membahayakan diri sendiri maupun orang lain,” pungkasnya. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.