Pemkab Tuban Hentikan Perbaikan Patung Kongco

lotatuban.com – Pemerintah Kabupaten Tuban menghentikan perbaikan patung raksasa Kongco Kwan Sing Tee Koen yang berada dihalaman belakang Tempat Ibadah Umat Tri Darma (TITD) Jalan RE Martadinata.

”Perbaikan patung Kongco yang ada di Kelenteng Kwan Sing Bio langsung kita hentikan ketika kita mendengar kabar perbaikan itu,” terang, Kepala Kesbangpollinmas Kabupaten Tuban, Hari Sunarno, Selasa (13/02).

Menurutnya, pihak kelenteng tidak diperboleh melakukan pembangunan apapun selagi struktur kepengurusannya belum ada kejelasan. Dikawatirkan jika pihak klenteng melakukan perbaikan terhadap patung Kongco tersebut akan menimbulkan polemik baru.

”Pendirian patung itu sendiri perizinannya juga belum beres, karena terkendala dengan kepengurusan. Jadi patung itu sebelum perizinanya beres tidak boleh dilakukan apapun,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Klenteng Kwan Sing Bio Gunawan Putra Wirawan, pihaknya langsung menghentikan perbaikan pada patung Kongco tersebut ketika dapat perintah penghentian dari pihak Pemkab Tuban.

”Kita mau memperbaiki pedang Kongco itu, karena retak. Takutnya kalau sampai jatuh dan membahayakan masyarakat. Lha ini tidak diperbolehkan melakukan perbaikan ya langsung kita hentikan,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, kain penutup patung sepanjang 1.200 meter Kongco Kwan Sing Tee Koen yang berada dihalaman belakang Tempat Ibadah Umat Tri Darma (TITD) dibuka, Senin (12/02). Dibukanya kain penutup patung raksasa setinggi 30,4 meter tersebut untuk menyambut perayaan hari raya Imlek. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban