Pemkab Tuban Kembali Memperoleh Penghargaan

kotatuban.com – Bupati Tuban, Fathul Huda menerima Penghargaan atas Prestasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dari Menteri Dalam Negeri RI, Tjahyo Kumolo, berdasarkan Surat Keputusan Nomor 100-53 Tahun 2018 atas hasil evaluasi dan penilaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, yang diserahkan dalam acara Malam Apresiasi  Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tahun 2018 ‘sebagai puncak acara’ Peringatan Hari Otonomi Daerah yang ke XXII di Jakarta, pada Rabu (25/04).
Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan daerah provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia.
Juga sebagai upaya pemerintah untuk mendorong, merekomendasikan dan pembinaan peningkatan kinerja penyenggaraan pemerintahan daerah provinsi dan kabupaten/kota se-indoensia sebagimana diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2018 tentang Pedoman EKPPD (Evaluasi Kinerja Penyelengaraan Pemerintahan Daerah) yang dilaksanakan pada tahun 2017 terhadap LPPD (Laporan Penyelengaraan Pemerintahan Daerah) tahun 2016.
Penilaian dan Evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah ini didasarkan pada dua aspek capaian kinerja yaitu capaian kinerja Kepala Daerah dan Capaian kinerja SKPD sebagai pelaksanaan kebijakan Kepala Daerah. Selanjutnya hasil evaluasi dan penilaian tersebut dikelompokkan dalam empat kategori : Skor 3 sampai dengan 4 mendapatkan prestasi ‘Status Sangat Tinggi’, Skor 2 sampai dengan kurang dari 3 mendapatkan prestasi ‘Status Tinggi’, Skor 1 sampai dengan kurang dari 2 mendapatkan prestasi ‘Status Sedang’ dan Skor 0 sampai dengan kurang dari 1 mendaptakan prestasi ‘Status Rendah’. Adapun Kabupaten Tuban tahun ini meraih Skor 3,2685, mendapatkan Prestasi ‘Status Sangat Tinggi Bintang Dua’.
Sebagai apresiasi, Pemerintah Provinsi Jatim juga memberikan Penghargaan yang sama yang di serahkan Gubernur Jawa Timur,  Soekarwo dan diterima langsung oleh Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, pada Upacara Hari Otonomi Daerah Ke-XXII Tingkat Jatim di halaman kantor Gubernur Jatim, Jum’at, (27/04).
Bupati Tuban, Fathul Huda saat menerima penghargaan ini mengucapkan syukur atas prestasi yang kembali diperoleh oleh Pemerintah Kabupaten Tuban, orang nomor satu di Bumi Wali ini mengingatkan bahwa penghargaan ini bukanlah tujuan, tetapi harus dijadikan motivasi untuk bekerja lebih baik lagi.
”Dengan adanya penghargaan ini kita berharap kinerja pemerintahan semakin meningkatkan prestasi capaian kinerja kedepan serta semakin meningkatnya kwalitas pelayanan publik yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.
Sementara itu Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, menyatakan bahwa diraihnya penghargaan ini dimulai dengan adanya perbaikan kinerja penyelenggaraan pemerintah di tahun 2012, sehingga meraih penghargaan tahun 2013 dan berturut-turut di tahun 2014 dan 2015 sehingga berbuah Sakmaryanugraha Parasamiya Purna Karya Nugraha. Hal ini membawa dampak sampai sekarang ini sehingga Kabupaten Tuban kembali mendapatkan nilai sangat tinggi.
Dan yang patut di apresiasi adalah bahwa Penghargaan ini adalah penghargaan tertinggi di bidang Penyelenggaraan Pemerintah Daerah di Indonesia yang dihasilkan dari Indikator Kinerja di bidang pemerintahan dengan 820 lebih item yang dinilai, indikator ini menyeluruh diberbagai bidang, terutama dalam penilaian terhadap ASN didalam pelayanan kepada masyarakat.
”Kita berharap kepada ASN di Pemkab Tuban untuk terus meningkatkan kinerja dibidang pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.
Selain Penghargaan Prestasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Kabupaten Tuban melalui Kecamatan Bangilan juga mendapatkan Penghargaan ‘Sinergitas Kecamatan  Tingkat Provinsi Jawa Timur’ dengan meraih Juara Harapan 2 yang diberikan langsung oleh Gubernur Jatim kepada Camat Bangilan, Moh. Maftuchin Riza. (duc)  
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban