Pemkab Tuban Komitmen Berantas Kemiskinan Di Pesisir

kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, berkomitmen bakal mengentaskan kemiskinan di Bumi Wali ini, termasuk di wilayah pesisir. Salah satu cara untuk mengentaskan kemiskinan di lingkungan nelayan dengan memberikan bantun perahu dan mesin kepada nelayan.

Melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (DPP) pada tahap pertama ini memberikan hibah berupa 10 perahu dan mesin kepada nelayan di empat kecamatan. Yakni, Kecamatan Palang, Tuban, Jenu dan Kecamatan Tambakboyo.

Bupati Tuban Fathul Huda mengatakan, bantuan tersebut diberikan kepada nelayan yang tergolong miskin, dan penghasilannya tidak mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari. Karena di Tuban sendiri masih banyak nelayan yang perahunya menyewa keorang lain.

”Mereka yang mendapatkan, tergolong ABK, yang pendapatnya seharinya hanya kisaran Rp50 ribu dan tidak mungkin bisa membeli perahu sendiri. Sehingga, kami memberikan hibah menurut kemampuan dari Pemkab Tuban,” ujar Bupati Huda saat memberikan bantuan perahu kepada nelayan yang ada di Kecamatan Palang, Senin (29/01).

Sementara Kepala DPP Tuban, Amenan saat dikonfirmasi mengatakan, pemberian tersebut dalam rangka mengurangi angka kemiskinan di daerah pesisir pantai Tuban. Sedangkan, kriteria dan mekanisme penerima ada aturannya. Salah satunya adalah data kemiskinan yang berada DPP. Kemudian data tersebut disounding ke kelompok nelayan, dari kelompok tersebut dipilih salah satu nelayan, dan ini program berkelanjutan.

”Di tahun 2018 kita rencanakan ada 38 perahu dan mesin akan kita hibah kan. Sedangkan, satu paket hibah, kalau diuangkan senilai Rp. 50 juta,” tambah Amenan.

Salah satu penerima hibah perahu, Waras (54) Nelayan setempat mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Tuban telah memberikan hibah ini. Harapan kedepan program ini tetap berlanjut, supaya nelayan yang senasib dengan dia mendapatkannya.

”Alhamdulillah sudah dapat hibah, bisa dipakai melaut sendiri mas, kedepan semoga ada lagi untuk nelayan yang lainnya,” Pungkas Waras. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban