Pemkab Tuban Tak Ijinkan Pendirian Supermarket Baru

Bupati Tuban Fathul Huda
Bupati Tuban Fathul Hud4

kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban tidak akan memberikan ijin pendirian supermarket atau pasar moderen baru. Tidak diberikannya pendirian supermarket di Bumi Wali tersebut untuk memberikan kesempatan pada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa berkembang.

”Saat ini di Tuban sudah ada dua supermarket yang lumayan besar, yaitu Bravo dan Samudra. Selain itu juga sudah banyak berdiri Indomart dan Alfamart, bahkan hampir disetiap kecamatan ada. Sehingga, Pemkab mempunyai kebijakan tidak memberikan ijin supermarket baru berdiri di Tuban,” terang Bupati Tuban, Fathul Huda, Rabu (16/09).

Menurutnya, tujuan tidak diberikannya ijin pendirian supermarket baru tersebut untuk memberikan kesempatan kepada pedagang kecil atau UMKM untuk berkembang dan maju. Sehingga, taraf ekonomi masyarakat Tuban bisa terangkat melalui sektor perdagangan.

”Para pelaku UMKM harus memiliki jiwa enterpener yang tinggi. Selain itu, juga harus kaya inofasi. Sehingga, mampu bersaing dengan pengusaha lainnya,” tandas dia.

Lebih lanjut, Bupati Huda mengatakan, di Kabupaten Tuban jumlah pengusahaanya masih sangat kecil sekali. Yakni, dibawah satu persen dari jumlah penduduk yang ada. Sehingga, perlu adanya dorongan baik dari pemerintah atau pemangku kepentingan untuk mendorong semangat masyarakat Tuban untuk berwirausaha. ”Wirausahawan kita masih sangat kecil,” pungkasnya. (duc)

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.