Pemkab Tuban Terima Hibah Damkar dan Ambulance dari Jepang

kotatuban.com – Bupati Tuban secara simbolis menerima hibah satu unit mobil Pemadam Kebakaran dan satu unit ambulance yang diserahkan oleh Sekretaris Jendral Kementrian Dalam Negeri, Hadi Prabowo, pada Rapat Koordinasi Nasional Pemadam Kebakaran (Damkar), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) tahun 2019 di Ballroom SKA Convention and Exibition Center, Kota Pekanbaru, Riau, beberapa waktu lalu.

Adapun Hibah mobil Damkar dan Ambulance ini berasal dari Pemerintah Jepang melalui Ehime Toyota Motor Corporation dan Kochi Toyota Motor Corporation yang diserahkan kepada Pemerintah Indonesia melalui Kemendagri untuk selanjutnya dihibahkan kepada Kabupaten/kota yang diantaranya adalah Kabupaten Tuban, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Donggala, Kabupaten Bogor dan Kota Ambon.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Joko Ludiyono, mengungkapkan bahwa bantuan ini adalah kali kedua setelah pada tahun 2018 lalu, BPBD Tuban juga mendapatkan Hibah satu unit mobil Damkar dari Pemerintah Jepang.

Menurut Joko Ludiono, bantuan hibah mobil damkar dan ambulance tersebut adalah dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap masyarakat terutama dalam hal menanggulangi adanya ancaman bencana kebakaran. Sedangkan,

Damkar yang ada di BPBD Tuban adalah sebanyak delapan unit, atau jika di tambahkan dengan hibah yang baru saja diterima, maka jumlah armada yang ada nantinya adalah sebanyak sembilan mobil damkar dan satu mobil ambulance.

“Adapun untuk personil Damkar Tuban saat ini adalah sebanyak 15 orang yang jika terdapat kekurangan personil saat bertugas, dibantu personil dari Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Tuban.” ujar mantan Camat Widang ini.

Selain itu, Joko Ludiono menjelaskan bahwa selain Pos Damkar yang berada di Tuban, saat ini telah didirikan Pos Pembantu Damkar di Kecamatan Jatirogo dan Rengel, kedepan direncanakan pula didirikan Pos Pembantu Damkar di Kecamatan Singgahan dan Tambakboyo.

“Hal ini bertujuan untuk mempercepat pelayanan dalam menangani kebakaran karena secara geografis tuban yang beragam. Dibutuhkan minimal 5 Pos Pembantu Damkar, dimana satu Pos Pembantu membawahi 4 Kecamatan.”imbuhnya.

Lebih lanjut Joko Ludiono mengatakan bahwa karena masih minimnya armada mobil damkar, personil dan Pos Pembantu yang dimiliki, saat ini BPBD Tuban tetap mengandeng perusahaan yang ada di Bumi Wali untuk membackup area sekitar wilayah produksi mereka, sehingga kejadian kebakaran dapat teratasi dengan cepat.

Sementara itu, Bupati Tuban, Fathul Huda mengucapkan terima kasihnya atas bantuan mobil damkar dan ambulance untuk Kabupaten Tuban, ia berharap hibah ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, yang dibuktikan dengan meningkatnya pelayanan kepada masyarakat yang mengalami musibah bencana kebakaran.

“Dengan adanya penambahan armada ini semoga pelayanan Damkar Tuban dapat semakin dioptimalkan,” harap Bupati Huda. (rto)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban