PKB Diprediksi Tumbangkan Golkar

kotatuban.com– Partai Golkar sejak lima tahun terakhir menguasai parlemen di Tuban hampir dipastikan akan segera berakhir dan akan diambil alih Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Meski belum ada pengumuman resmi dari KPUK Tuban, namun, diperkirakan hasil Pemilu di Tuban kali ini dimenangkan PKB.

Bupati usai memilih di TPS 11 Kelurahan Latsari
Bupati usai memilih di TPS 11 Kelurahan Latsari

“Meski belum ada pengumuman dari KPUK, namun, kami dapat memastikan kalau PKB menjadi pemenang di Tuban. Tapi, kami akan tetap menunggu pengumuman dari KPUK,” terang Sekretaris DPC PKB Tuban, M Miyadi, Kamis (10/4).

Kesuksesan PKB ini melengkapi kesuksesannya pada 2011 lalu. Partai berbasis nahdliyin ini pada pemilihan bupati 2011 lalu mampu mengantarkan Fathul Huda dan Noor Nahar Hussein dua kader PKB menjadi Bupati dan Wakil Bupati Tuban.

“Meski harus menunggu keputusan KPUK hasil perolehan suara secara pasti, namun,  hasil laporan dari tim PKB, di Tuban PKB dapat suara lebih dari 30 persen,” terang Sekretaris DPC PKB Miyadi.

Meski sudah mendapatkan hasil perolehan suaran dan perkiraan kursi di DPRD Tuban, pihaknya akan tetap menunggu hasil resmi dari KPUK setempat.

“Insya Allah hasil penghitungan teman-teman tidak akan jauh dengan hasil penghitungan riil KPUK Tuban,” tambah Miyadi.

Dengan perolehan suara sah 30 persen lebih, diprediksi PKB bakal mendapatkan lebih dari 15 kursi di parlemen. Dengan hasil Pemilu kali ini perolehan kursi PKB di DPRD Tuban naik 100 persen lebih dibanding hasil Pemilu 2009 lalu. Dalam Pemuilu 2009 lalu PKB hanya mendapatkan 7 kursi di DPRD.

“Ini tantangan bagi PKB ke depan. Kita dipercaya rakyat untuk membangun Tuban. Kami bersama eksekutif akan berusaha keras mewujutkan harapan warga Tuban,” tandas politisi yang juga kader NU itu.

Sumber lain menyebutkan, partai-partai lain perolehan suaranya kalah jauh dengan PKB. Partai Golkar pada Pemilu 2009 lalu mendapatkan 13 kursi, kini diperkirakan turun drastis. Sebab, Partai Golkar di Tuban hanya mendapatkan 12,61 persen. Partai Geridra memperoleh 12,05 persen suara. PDIP 11,80 persen  suara, Demokrat 9,06 persen suara.

Sementara PAN 6,84 persen suara, PPP 4,56 persen suara,  PKS 4,37 persen suara, NasDem 4,29 persen suara, Hanura 3,68 persen suara, PBB, 0,80 persen suara dan PKPI 0,18 suara.

Data tersebut lanjut Miyadi tidak jauh beda dengan data yang dimiliki PKB. Namun, pihaknya tetap bakal menunggu ketetapan dari KPUK Tuban.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Tuban, Soemitro Karmani belum bisa menyampaikan hasil perolehan Pemilu 2014. Sebab, saat ini masih dilakukan rekapitulasi di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS). “Hasil resminya baru akan diumumkan sekitar 22 April, karena saat itu batas akhir rekapitulasi di tingkat KPUK,” terang Soemitro. (ros)

 

 

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.