Puluhan Rumah Warga Terendam Luapan Kali Pomahan

Jalan dan perumahan terendam air banjir bandang
Jalan dan perumahan terendam air banjir bandang

kotatuban.com– Banjir bandang luapan Kali Pomahan di Kecamatan Palang merendam sedikitnya 63 rumah warga Desa Pucangan dan Gesikharjo, Kecamatan Palang, Senin (17/3).

Menurut Kepala Badan Panunggalan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban Djoko Ludiono, pihaknya terus mendata dan memantau banjir bandang di wilayah Palang.

“Sementara ini rumah warga yang digenangi banjir bandang sekitar 63 rumah, tapi, sudah berangsur-angsur surut,” terang Djoko Ludiono.

Ditambahkan, banjir bandang di Palang merupakan kiriman dari wilayah selatan, seperti Desa Dermawuharjo, Kecamatan Grabagan. Sungai di Dermawuharjo merupakan hulu dari sungai Pomahan.

“Akibat meningkatnya debit air yang berada di Desa Dermawuharjo Kecamatan Grabagan, sehingga, Kali Pomahan meluber airnya dan membanjiri pemukiman dan lahan pertanian,” tambah Djoko.

Tim dari BPBD, lanjutnya, masih melakukan pendataan dan peninjauan di lokasi banjir. Selain itu, BPBD mengaku sudah mempersipkan makanan siap saji apabila warga atau penduduk yang rumahnya tergenang membutuhkan.

“Sifat genangan air hanya sementara, saat ini berdasarkan laporan dari tim beberapa desa yang dilalui sudah surut,” tandas Joko.

Luapan air Kali Pomahan itu juga merendam lima desa di wilayah Kecamatan Palang, yakni, Desa Gesikharjo, Pucangan, Glodog dan Cendoro. (ros)

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.