Puskesmas Jatirogo Bakal Jadi Rumah Sakit

Wabup Noor Nahar
Wabup Noor Nahar

kotatuban.com-Puskesmas Jatirogo bakal ditingkatkan menjadi rumah sakit Tipe D. Namun, sebelum menjadi rumah sakit, Puskesmas Jatirogo bakal dibangun sejumlah fasilitas untuk rawat inap. Langkah ini sebagai upaya Pemkab Tuban memberikan layanan kesehatan yang prima bagi warganya.

Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Husein saat di konformasi kotatuban.com usai mendengarkan pidato presiden di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban, Jumat (15/8) mengungkapkan, pemerintah melalui Dinas Kesehata (Dinkes) tengah menggenjot persiapan infrastruktur, selain juga persiapan pendukung lainya, yakni dokter dan para medis Puskesmmas Jatirogo, sebelum akhirnya menjadi rumah sakit tipe D.

“2015 kita siapkan infrastrukturnya, bersamaan dengan itu juga dokter sepesialis, minimal harus ada tiga dokter harus disipakan sebelum rumah sakit resmi beroperasi,” kata Wabup Noor Nahar Husein.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, dr Saiful Hadi, menyampaikan, puskesmas yang terletak di Desa Sugihan, Kecamatan Jatirogo itu,  saat ini telah diselesaikan gambaran detail tentang bangunan RSUD, termasuk posisi ruang inap dan letak ruang adiminstrasi rumah sakitnya.

“Persiapanya sudah dilakukan, detai bangunan juga  sudah ada, tinggal membangun saja,” ujar dr. Saiful Hadi.

Selanjutnya, Puskesmas Jatirogo yang sebelumnya hanya memiliki luas 6.000 meter persegi bakal diperluas menjadi 10 ribu meter persegi. “Karena standar luas untuk pembangunan RSUD harus 10.000 meter persegi, maka luasanya pun kita tambah,” sambung Saiful.

Diharapkan dengan pendirian rumah sakit Jatirogo sebagai pelayanan lanjutan dari puskesmas, masyarakat yang tinggal di wilayah selatan Kabupaten Tuban tidak perlu menempuh jarak yang jauh menuju RSUD yang saat ini sudah ada.

“Karena masyarakat Tuban selatan yang akan  rujuk ke rumah sakit daerah membutuhkan waktu 1 jam lebih, padahal prosedurnya rujuk ke rumah sakit dari puskesmas tidak boleh melebihi 1 jam,” pungkas Saiful. (kim)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.