Rapat Penetapan Fraksi DPRD Tuban Sempat Diwarnai Kisruh

Cancoko, anggota DPRD dari partai Demokrat melakukan interupsi
Cancoko, anggota DPRD dari partai Demokrat melakukan interupsi

kotatuban.com– Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban yang beragendakan penetapan fraksi sempat diwarnai protes dari anggota dewan dari partai Demokrat. Protes tersebut menyusul jadwal penetapan yang mereka nilai  tergesa-gesa dan tidak memberikan toleransi kepada partai Demokrat untuk menyelesaikan pembentukan komposisi fraksinya.

Aksi protes dilakukan Cancoko, dari partai Demokrat yang menginginkan agar ketua dewan sementara, Miyadi S.Ag, menata ulang jadwal penetapan fraksi dan memberikan toleransi beberapa hari sampai urusan penyusunan fraksi di internal partai Demokrat selesai dilakukan.

“Di internal demokrat masih ada salah tafsir, karena surat yang disampaikan kepada sekretariat dewan belum ditandatangani oleh sekretaris. Menurut pengakuan sekretaris, sampai hari ini belum mendapat ijin dari DPP.  Maksud kami menunda hari ini untuk menunggu penyelesaian rapat intern kami, yang diputuskan DPP, tapi ternyata pimpinan memaksakan selesai hari ini,” keluh  Cancoko, usai paripurna.

Cancoko menilai, tanggal 12 September saat ini, sesuai kesepakatan bersama, adalah batas akhir penyerahan komposisi fraksi ke sekretaris dewan, bukan penetapan komposisi fraksi seperti yang dilaksanakan bersama pimpinan dewan sementara seperti saat ini.

“Kalau sudah ditetapkan seperti itu berarti sudah ada Fraksi Demokrat, akan tetapi kemungkinan berubah masih mungkin. Kami hanya mengantipasi jika ada perubahan agar tidak mengulang, supaya sekali rapat selesai, itu saja,” papar Cancoko.

Menanggapi hal tersebut, ketua DPRD sementara, Miyadi S.Ag, memberikan opsi untuk tetap menetapkan tujuh fraksi DPRD hari ini. Namun, seiring dengan perjalan dan perkembangan penyelesaian interen Partai Demokrat, rapat akan dilakukan lagi untuk menentukan komposisi fraksi bilamana ada perubahan.
“Kami tidak tahu urusan internal partai, yang jelas kami sudah menerima surat dari partai yang bersangkutan. Terkait perubahan komposisi jika nanti ada perubahan tentu akan dilakukaan rapat lanjutan, namun kali ini tetap kaami tetapkan tujuh fraksi,” kata Miyadi. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.