Ribuan Surat Suara Pilpres Rusak

Komisioner KPU Tuban Nur Hakim mnujukkan surat suara yang rusak
Komisioner KPU Tuban Nur Hakim mnujukkan surat suara yang rusak

kotatuban.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban menemukan ribuan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden 2014 yang mengalami kerusakan. Sedikitnya, 2.561 surat suara untuk Pilpres pada 9 Juli mendatang ditemukan setelah dilakukannya proses penyortiran dan pelipatan dimasing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Tuban.

Divisi Perencanaan, Keuangan, Logistik dan Urusan Rumah Tangga KPU Kabupaten Tuban, Nur Hakim, saat ditemui kotatuban.com, Senin (30/06) diruang kerjanya mengungkapkan, kerusakan surat suara itu merata. Laporan yang masuk semua PPK terdapat kerusakan surat suara.

Sedangkan, untuk penyebab kerusakan surat suara tersebut bervariasi. Kerusakan surat suara tersebut diakibatkan sobek, kusut, tinta tembus, dan gambar Capres tidak jelas. Selain itu, ada juga yang gambarnya ada bayangannya, dan berbagai kerusakan lainnya.

”Surat suara yang rusak itu dikumpulkan di KPU Kabupaten Tuban. Kemudian kerusakan tersebut kami laporkan kepada KPU Provinsi Jawa Timur untuk minta ganti,” terangnya.

Menurutnya, surat suara untuk Pilpres selain mengalami kerusakan, juga ada kekurang pengiriman dari percetakan. Seharusnya, surat suara yang diterima KPU Tuban sebanyak 948.754 surat suara. Sedangkan, yang diterima KPU Tuban hanya sebanyak 947.743 surat suara. Sehingga, total kekurangan semua surat suara di Tuban sebanyak 4.32/ surat suara.

”Insya Allah tanggal 5 Juli kekurangan surat suara tersebut sudah beres semua, dan sudah bisa kita distribusikan ke tingkat kematan,” pungkasnya.

Diketahui, Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Tuban untuk Pilpres pada tahun 2014 ini sebanyak 929.858 pemilih. Jumlah DPT tersebut lebih banyak dibanding Pileg kemarin, untuk DPT Pileg 922.858 pemilih. Sedangkan, untuk jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pilpres sebanyak 2.082. Jumlah tersebut tersebar di 328 desa 20 kecamatan se Kabupaten Tuban. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.