Saksi Nasdem Work Out Tuding Ada Penggelembungan Suara di Grabakan

kotatuban.com – Rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Partai Politik (Parpol) dan Calon anggota legislatif (Caleg) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban dihari terakhir diwarnai work out dari saksi Parpol, Senin (21/04).

Saksi Nasdem work out
Saksi Nasdem work out

Saksi Parpol dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Muchith Abrore keluar dari ruangan rapat pleno saat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Grabakan melakukan pembacaan hasil rekapitulasi perolehan suara kecamatan tersebut.

”Jika rapat pleno untuk Kecamatan Grabakan ini akan dilanjutkan silahkan dilanjutkan. Tapi, saya dari Nasdem akan keluar dari ruangan ini. Karena kami menilai apa yang dilakukan PPK Grabakan tersebut tidak mencerminkan Pemilu yang bermartabat dan mencidrai proses demokrasi,” ujar Muchith Abrore sambil meninggalkan ruangan pleno.

Menurutnya, pada penghitungan suara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban di Kecamatan Grabakan terdapat keganjilan. Seharusnya, jumlah pemilih sah dan jumlah pemilih tidak sah harus sama dengan jumlah surat suara yang digunakan.

”Untuk Grabakan ini tidak sama, bahkan dalam hitungan PPK Grabakan jumlah pemilih jauh lebih banyak dari jumlah surat suara yang tersedia. Inikan aneh,” tandas Ketua Garda Muda Nasdem tersebut.

Lebih lanjut Muchith mengatakan, selisih antara pemilih dan ketersediaan surat suara tersebut menurut penghitungan Partai Nasdem sekitar 1006. Sedangkan, untuk suara Partai Nasdem hilang sekitar 960 suara. ”Seharusnya KPU mengclear kan ini dulu sebelum melanjutkan pleno untuk Kecamatan Grabakan,” tuturnya.

Menurutnya, dalam aksi work out tersebut dapat dipastikan bahwa saksi dari Partai Nasdem tidak akan menandatangani berita acara rapat pleno untuk Kecamatan Grabakan. Selain itu, juga akan berkoordinasi dengan partai apa tindak lanjut seterusnya terkait permasalahan yang ada di Grabakan tersebut.

”Kami habis ini akan langsung akan berkoordinasi dengan partai langkah apa yang akan diambil setelah ini,” pungkasnya. (duc)

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.