Segmen 2 Jembatan Cincim Diperbaiki Segmen 3 Malah Putus

kotatuban.com – Ambruknya jembatan Cincim Baru di jalur nasional Widang- Babat karena titik segmen 3 putus. Sebelumnya, tahun 2017 lalu di tiytik segemmen 2 sudah dilakukan perbaikkan.

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Surabaya bersama dengan tim sudah meninjau ambruknya jembatan jalur nasional Widang-Babat, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban yang mengakibatkan korban jiwa, Selasa (17/4/2018) kemarin.

Meski begitu Bina Marga belum bisa menjelaskan apa penyebab ambruknya jembatan tersebut. Namun, indikasi adanya kerusakan jembatan yang sudah berusia puluhan tahun itu diakui sudah ada evaluasi dan diketahui oleh Bina Marga.

“Evaluasi sebenarnya sudah ada, makanya ini sudah ada pemeliharaan,” ungkap I Ketut Dharma Wahana, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Surabaya di tempat kejadian, Rabu (18/04).

Posisi jembatan Widang-Babat yang ambruk dan mengakibatkan tiga dump truk terjebur ke Bengawan Solo berada pada titik segmen 3.

“Di titik segmen dua itu tahun 2017 kita adakan perbaikan. Sedang yang ambruk ini di segmen tiga. Kita tidak mengatakan apa penyebabnya, saya hanya berfikir bagaimana solusinya supaya ini cepat kita bangun,” lanjutnya setelah menghentikan proses upaya evakuasi pengangkatan truk yang menjadi korban itu.

I Ketut Dharma menambahkan, jembatan yang sudah dibangun pada tahun 1983 itu masuk dalam perencanaan untuk dilakukan perbaikan. Bahkan tahun depan konstruksi jembatan yang merupakan akses nasional di jalur pantura itu akan diganti yang baru. “Nanti setelah lebaran kita planing, dan tahun depan kita ganti,” paparnya.

Sementara itu, hingga tadi malam proses evakuasi terhadap tiga kendaraan dump truk yang tercebur Bengawan Solo dihentikan. Polres Tuban bersama dengan BPBD Tuban pagi ini akan melakukan rapat dengan Bina Marga membahas proses evakuasi kendaraan tersebut. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban