Semen Gresik Penyetor Dana ZIS Terbesar di Tuban

kotatuban.com – Semen Gresik melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Semen Indonesia Group Tuban berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp. 1,3 miliar yang berasal dari zakat infaq dan sodaqoh (ZIS) karyawannya yang dilakukan pemungutan setiap bulan dari gaji masing-masing sepanjang tahun 2017.

Dana ZIS tersebut disetorkan kepada Badan Amil Zakat Nasional (Basnaz) Pemerintahan Kabupaten Tuban dan atas penyetoran ZIS yang dinilai merupakan setoran terbesar di lingkup Kabupaten Tuban.

Semen Gresik mendapatkan penghargaan UPZ dari Basnaz untuk kriteria pengumpulan dana ZIS terbanyak. Penghargaan diserahterimakan oleh Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein kepada manajemen Semen Gresik yang dihadiri oleh Kabiro Humas & CSR, Kuswandi usai upacara rutin setiap tanggal 17 di Halaman Pemkab Tuban.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein mengatakan bahwa untuk mengentaskan angka kemiskinan di Kabupaten Tuban, salah satunya melalui program pemberdayaan masyarakat yang dikelola oleh Baznas Tuban, sehingga semua instansi di Kabupaten Tuban dihimbau untuk dapat mendukung dan menyetorkan zakat dari internalnya kepada Baznas Tuban.

Demikian halnya yang disampaikan oleh Sekretaris Pelaksana Basnaz Tuban Eko Julianto. Di wilayah Kabupaten Tuban, beberapa perusahaan juga sudah menyetorkan ZIS yang dikumpulkan dari internalnya yang jumlahnya berkisar puluhan juta rupiah hingga ada yang sudah di atas Rp 100 juta. Namun, Semen Gresik sudah bisa di atas Rp 1 miliar.

“Ini merupakan pengumpulan ZIS dengan jumlah terbanyak diantara perusahaan lainnya di Kabupaten Tuban”, tandasnya.

Selain kriteria pengumpulan ZIS terbanyak, juga ada kriteria setoran ZIS yang melampaui potensi. Contohnya bila suatu instansi dengan berdasarkan jumlah karyawan setelah dihitung potensinya hanya sekitar Rp 2,3 juta per bulan, namun bisa menyetorkan ZIS sebesar Rp 4,5 juta per bulan, lanjut Eko yang juga menjabat sebagai Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemka Tuban.

Dari sumbangan UPZ Semen Indonesia Group Tuban dan UPZ lainnya membuat ZIS yang dikumpulkan Baznas Tuban terdongkrak naik. Tahun 2016 berhasil dikumpulkan Rp 3,8 miliar, sedangkan tahun 2017 naik hampir dua kali lipat menjadi Rp 6,9 miliar.

Sementara itu Kabiro Humas & CSR Semen Gresik, Kuswandi, menjelaskan bahwa penyampaian dana ZIS dari UPZ Semen Indonesia Group Tuban kepada Basnaz Tuban disertai pengajuan Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) untuk bersama dengan Banaz Tuban dalam menjalankan program pemberdayaan masyarakat.

Di Tahun 2017 terdapat 3 program yang telah dilaksanakan di wilayah Kecamatan Jenu, Kerek & Merakurak, yaitu bedah rumah sebanyak 11 unit yang dikerjasamakan juga dengan Kodim 0811 Tuban. “Bantuan ternak Kambing sebanyak 150 ekor bagi masyarakat dalam kategori miskin produktif, serta bantuan dana bisyaroh untuk ustadz & ustadzah TPQ sebanyak 324 orang,” lanjut Kuswandi. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban