Siswa Baru SMPN 3 Tuban Tes Urine

Siswa dan guru SMPN 3 lakukan tes urine

kotatuban.com – Sebanyak 227 siswa baru Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Tuban dites urinnya, Sabtu (23/07). Kegiatan tersebut dilakukan merupakan rangkaian Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru (PLS BSB) tahun 2016, SMPN 3 Tuban.

”Pada kesempatan kali ini kita melakukan tes urine kepada 227 siswa baru. Selain itu, juga tes urine untuk kepala sekolah, guru, dan karyawan. Kedepan, rencananya semua siswa juga akan kita lakukan tes yang sama,” terang, Kepala Sekolah SMPN 3 Tuban, Witono.

Menurut mantan Kepala Sekolah SMPN 2 Rengel tersebut mengatakan, bahwa tes urine bagi siswa ini bertujuan untuk mengetahui secara dini ada tidaknya siswa yang menggunakan atau mengkonsumsi narkotika maupun obat berbahaya lainnya.

”Kegiatan ini kita lakukan untuk mengetahui secara dini jikalau ada siswa yang mengkonsumsi narkotika maupun obat-obatan terlarang lainnya,” ujar Witono.

Jika diketahui ada siswa yang positif menggunakan narkotika atau obat-obatan berbahaya, pihaknya segera akan melakukan komunikasi dengan siswa, orang tua siswa, dan pihak kepolisian untuk melakukan rehabilitasi atau pembinaan kepada siswa tersebut.

”Jadi, kalau ada siswa yang positif menggunakan narkoba tidak ada yang boleh mengetahui. Yang boleh hanya orang tua siswa, kepala sekolah, dan kepolisian. Dan siswa tersebut juga tidak akan kita berikan sangsi apapun. Melainkan, hanya rehabilitasi saja,” tandasnya.

Selain dilakukan tes urine kepada siswa, Witono mengatakan, para siswa dan orang tua murid juga mendapatkan penyuluhan bahaya narkoba, dari Polres Tuban. Sehingga, para orang tua siswa dan siswa dapat mengetahui secara dini bahaya narkoba.

”Anak-anak inikan penerus pemimpin bangsa ini kedepan. Jadi harus kita selamatkan dari bahaya narkoba, yang saat ini narkoba telah menyerang berbagai lapisan masyarakat, termasuk anak-anak,” pungkasnya. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.