Tanam Pohon, Jokowi Pecahkan Rekor Dunia

kotatuban.com –  Menanam pohon sebanyak 238.000 batang pohon dalam waktu satu jam secara serentak yang dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo memecahkan rekor dunia atau Guiness Book of Record.
Penanaman pohon dilahan seluas 23 hektar yang berada di Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Senin (28/11) tersebut juga diikuti oleh sekitar 5.500 petani. Selain itu, kegiatan dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (MBN) 2016 tersebut juga dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dan dihadiri pula para pejabat negara lainnya.
”Akan kita lihat bagaimana hasil dari menanam pohon ini dalam waktu satu, dua, tiga tahun yang akan datang. Kita berharap kegiatan ini tidak hanya menanam saja, namun juga dirawat,” ungkap Presiden Indonesia, Jokowi dalam sambutannya.
Menurutnya, menanam pohon adalah mempersiapkan warisan untuk anak dan cucu. Dan jika banyak penebangan pohon secara liar maka secara tidak langsung akan mewariskan bencana kepada anak dan cucu.
”Jangan sampai ada kawasan hutan menjadi lahan industri, kawasan hutan menjadi perumahan, kawasan hutan menjadi lahan tambang. Hutan harus tetap menjadi hutan,” ungkapnya.
Jika hutan ditebangi, lanjut Jokowi mengatakan akibanya akan fatal. Bencana alam seperti banjir dan longsor pasti akan terjadi. Contohnya, banjir yang terjadi di Bandung beberapa waktu yang lalu tersebut diakibatkan penebangan pohon secara liar.
”Bencana-bencana yang selama ini terjadi harusnya bisa menjadi pelajaran buat kita untuk menjaga lingkungan kita. Salah satunya dengan tidak menebang hutan secara sembarangan,” pungkasnya. (duc)
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.