Tekan Angka Golput KPU Siapkan TPS Keliling

kotatuban.com-Guna menekan angka Golong Putih (Golput) atau warga yang tidak menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Legeslatif  9 April mendatang, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Tuban siapkan 22 Tempat Pemungutan Suara (TPS) keliling.

TPS keliling itu diperuntukkan bagi pasien rawat inap maupun tahanan Polres setempat. Selain itu, juga diperuntukkan bagi keluarga pasien rawat inap yang tidak bisa memilih di tempat yang tertera di kartu panggilan atau lembar C 6.

“Karena tidak ada TPS khusus di RS maupun Polres, sehingga, petugas yang akan mendatangi mereka dengan membawa bilik suara agar mereka tetap bisa menggunakan hak pilihnya,” terang  Divisi Pendaftaran Pemilih KPUK Tuban, Yayuk Dwi Agus Sulistyorini, Minggu (6/4).

Berdasarkan data yang diterima KPU dari sejumlah rumah sakit yang ada di Tuban dan Polres, jumlah pemilih pada 9 April mendatang masih rawat inap dan mendekam di tahanan diperkirakan 432 orang. Rinciannya, 190 pemilih di RSUD Dr. Koesma, 140 pemilih di RS Medika Mulia, 57 pemilih di RS NU, dan 37 pemilih di tahanan Polres Tuban.

‘’Ini data sementara yang kami terima, dan akan kami perbaruhi pada H-1 mendekati pemilihan, sekalian dengan RS Muhammadiyah karena hingga saat ini belum memberikan datanya,’’ tambah Yayuk.

Sesuai dengan jumlah tersebut, lanjut Yayuk, KPU akan memanfaatkan 22 TPS di sekitar lokasi. Rinciannya, 7 TPS di RSUD, 6 TPS di RS Medika Mulia, 3 TPS di RS NU, 4 TPS di RS Muhammadiyah, dan 3 TPS di tahanan.

Lebih lanjut Yayuk mengatakan, selain untuk mengcover pasien rawat inap. TPS keliling tersebut juga melayani keluarga pasien.

‘’Syaratnya harus menggunakan form model C5 atau pindah TPS,’’ tambahnya. (duc)

 

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.