Tiga Kecamatan Dinyatakan Rawan Penyebaran DB

kotatuban.com – Tiga Kecamatan di Kabupaten Tuban, menjadi catatan Dinas Kesehatan setempat sebagai daerah paling rawan penyebaran Demam Berdara (DB). Tiga kecamata itu adalah Kecaman Semanding, Tuban dan Palang.

Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Tuban, Saiful Hadi menjelaskan, tiga kecamatan tersebut menjadi daerah paling rawan dikarenakan memiliki jumlah penduduk cukup padat dibanding dengan kecamatan lainnya di Tuban. Jumlah penduduk dengan kepadatan pemukiman membuat penyebaran DB semakin cepat tiga kecamatan itu.

“Jumlah penduduk juga rawan penyebaran DB, daerah perkotaan dan pemukiman padat penduduk ini yang patut diwaspadai,” jelas Saiful Hadi,  Selasa (08/11).

Saiful mengatakan, hingga Oktober tahun ini jumlah kaus DB di Tuban mencapai 179 orang, dengan satu kasus diantaranya meninggal dunia. Jumlah tersebut mengalai penurunan dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 200 kasus DB.

“Jumlah ini sudah menurun, semoga hinga akhir tahun tida ada kasus lagi di Tuban,” kata Saiful. 

Sejauh ini kata Saiful, Tuban belum masuk derah luar biasa DB, sebab dari beberapa indikator, Tuban termasuk daerah dengan jumlah kasus DB di bawah 200 per 100.000 penduduknya, artinya dari 100.000 penduduk belum sampai 200 kasus.  

“Meskipun daerah ini tidak termasuk tinggi, tetap harus diwaspadai, mengingat intensitas hujan tidak terlalu tinggi, kadang panas kadang hujan akan membuat perkembangan nyamuk lebih cepat,“ katanya.

 
Menurut dia, pihaknya akan memberikan perhatian serius terhadap tiga kecamatan yang merupakan daerah rawan demam berdarah, agar peredaranya dapat dicegah.

“Kami juga turun ke lapangan untuk sosialisasi dan memberikan pengasapan foging, karena cara ini cukup efektif membunuh nyamuk dewasa,” lungkas Saiful. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.