Tim BHR Siap Bantu Pengukuran Arah Kiblat

kotatuban.com – Tim Badan Hisab dan Rukyat (BHR) dari kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban siap melakukan pengukuran arah kiblat apa bila masyarakat meminta untuk melakukan pengukuran arah kiblat pada masjid maupun mushola.

”Tim kita siap melakukan pengukuran arak kiblat baik masjid maupun mushola. Baik masjid yang baru akan dibangun maupun masjid yang sudah lama dibangun,” terang, Kepala Seksi Penyelenggara Syar’iyah, Kemenag Tuban Umi Kulsum, Jumat (04/11).

Menurutnya, penentuan arah kiblat harus dilakukan oleh ahlinya. Pasalnya, penentuan arah kiblat melenceng beberapa derajat saja, maka bisa melenceng dari arah Baitullah. 

”Kami berharap seluruh takmir agar bekerjasama dengan Kemenag Tuban saat melakukan pembangunan masjid. Karena pengukuran ini untuk mencegah terjadinnya gesekan terkait penentuan arah kiblat,” ungkapnya.

Lebih lanjut Umi mengatakan, peran tim BHR dari Kemenag sifatnya hanya melayani dan penguatan dalam penentuan arah kiblat. Sedangkan, alur pengukuran ini pihak takmir bisa lebih dulu mengajukan surat pada Kemenag. Kemudian, Kemenag akan menerjunkan tim BHR untuk melakukan pengukuran.

”Jika ada masyarakat meminta jasa kita untuk melakukan pengukuran arah kiblat silahkan mengirimkan permintaan secara resmi ke kantor. Dan pengukuran itu tidak kita kenakan biaya,” pungkasnya. (duc)‎

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.