Tuban Kembali Terima Penghargaan

kotatuban.com – Komitmen dan semangat  Bupati Tuban dalam mendorong dan menginspirasi Inovasi di setiap OPD  berbuah penghargaan. penghargaa Kabupaten Tuban kini menerima Inagara (Inovasi Administrasi Negara) Award  dari Lembaga Administrasi Negara (LAN).
Penghargaan ini diterima langsung oleh Bupati Tuban, Fathul Huda dari  Kepala LAN, Adi Suryanto, bersamaan dengan kegiatan
Forum Replikasi Inovasi. .
Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana, Tri Wibowo Wahyu Utama, menyampaikan penghargaan ini diberikan kepada Kabupaten/Kota yang berkomitmen tinggi terhadap inovasi, serta telah mengaktualisasikan komitmen Inovasi sampai tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan secara faktual telah melaunhcing pelaksanaanya.
Deputi Inovasi Administrasi Negara LAN ini juga menyampaikan bahwa LAN telah mengadakan Nota Kesepahaman (Mou) dengan Kabupaten / Kota tentang Inovasi melalui program laboratorium Inovasi yang dilanjutkan dengan Forum Replikasi Inovasi sebagai wahana sharing.
Melalui Forum Replikasi Inovasi ini LAN juga bermaksud mempercepat dan memperbesar arus inovasi di sektor publik Indonesia.  Forum Replikasi Inovasi tahun ini mengambil tema “Villagepreneurship untuk pemberdayaan ekonomi lokal”.
Menurut Kepala LAN, seiring dengan tantangan jaman sekarang ini, tumbuh kembang inovasi adalah hal mutlak yang harus dilakukan, sehingga LAN memberikan Apresiasi setinggi-tingginya Kepada Bupati / Walikota yg telah berkomitmen tinggi terhadap inovasi untuk percepatan pembangunan di semua sektor.
Kepala LAN juga mengatakan bahwa penghargaan Inagara Award memiliki tujuan untuk memotivasi semua daerah di Indonesia untuk terus berinovasi terutama pada bidang pelayanan publik.
“Penyelenggara layanan publik saat ini memang dituntut memberikan pelayanan prima untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat, Daerah yang mendapatkan penghargaan Inagara Award nantinya juga bisa menjadi rujukan bagi daerah lain untuk meniru atau replikasi inovasi-inovasinya,” ujarnya.
Sekjen Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Anwar Sanusi dalam Keynote Speechnya mengungkapkan bahwa peran inovasi sangatlah penting bahkan sampai di desa, dia mencontohkan bahwa saat ini 45 persen penduduk Indonesia tinggal di pedesaaan, jumlah ini lebih kecil dibanding dengan penduduk yang tinggal dikota, padahal desa memiliki wilayah yang jauh lebih luas dari kota.
“Sehingga jika tidak ada terobosan khusus dari desa maka di masa depan desa akan semakin ditinggalkan karena kurang menjanjikan, sehinggga diperlukan adanya inovasi  agar arus urbanisasi  bisa dikurangi yaitu dengan menumbuh kembangan ekonomi desa dan kewirausaan di desa,” ujarnya.
Pada kesempatan ini Sekjen Kemendes PDTT juga menyampaikan beberapa Inovasi yang telah ada tentang desa, diantaranya Prukades (Produk Unggulan Kawasan Pedesaan), BUMDes dan Liga  Desa. Inovasi-inovasi ini sangat diapresiasi karena terbukti dapat mempercepat perkembangan dan kemajuan desa.
Sementara itu setelah menerima penghargaan ini, Bupati Tuban, Fathul Huda berharap sebagai rasa syukur atas  diraihnya Penghargaan Inagara Award ini adalah dengan menjadikannya sebagai motivasi bagi semua elemen di lingkup Pemkab Tuban untuk selalu melakukan perubahan kearah perbaikan.
Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada LAN yang telah mengadakan pendampingan, asistensi, dan fasilitasi secara langsung di Kabupate Tuban, terhadap penumbuhkembangan semangat dan aksi nyata dalam berinovasi melalui Laboratorium Inovasi yang di bagi dalam beberapa tahapan yaitu Workshop, Drum Up, Diagnose, Design, Delivery dan Display.
Pendampingan ini setelah Kabupaten Tuban mengadakan penandatanganan Nota kesepahaman (MoU) peningkatan kapasitas administrasi pemerintahan dengan LAN kurang lebih 6 bulan yang lalu. MoU ini menurut Bupati dijadikan ikhtiar bersama dalam meningkatkan performa kinerja pemerintah daerah terutama dalam pelayanan publik untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat.
“Dalam bidang layanan kepada masyarakat maupun bidang administrasi, diharapkan selalu ada Inovasi, dan yang paling penting dari inovasi tersebut adalah harus memberikan manfaat kepada masyarakat,” pungkasnya. (rto)
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban