Tuban Kembali Terima WTP dari Menkeu

kotatuban.com – Kementerian Keuangan RI memberikan Piagam Penghargaan kepada Kabupaten Tuban sebagai apresiasi atas di perolehnya Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Tuban Tahun Anggaran 2017 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Penghargaan ini diserahkan oleh Gubernur Jatim Soekarwo yang mewakili Pemerintah Pusat kepada Bupati Tuban, Fathul Huda di Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan, Surabaya.
Direktur Pelaksana Anggaran Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu RI, R. Wiwin Istanti mengungkapkan bahwa Pencapaian opini WTP atas LKPD di Jatim Tahun Anggaran 2017 menunjukkan adanya peningkatan dibanding LKPD Tahun Anggaran 2016 lalu.
Perempuan yang biasa di sapa Wiwin ini mengapresiasi atas peningkatan yang diperoleh Jatim, dia menambahkan bahwa capaian opini terbaik atas laporan keuangan yaitu WTP merupakan salah satu indikator dari praktik pengelolaan keuangan daerah yang sehat, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Menurutnya, opini WTP juga merupakan perwujudan pengelolaan keuangan yang baik sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.
“Capaian opini terbaik tidak semata-mata disajikan oleh laporan keuangan tapi juga ditopang efektivitas sistem pengendalian intern serta kepatuhan terhadap Undang-Undang. Dan dalam Penyelesaian LKPD, yang paling utama adalah diperlukan komitmen kepala daerah yang nantinya pasti akan diikuti oleh bawahannya,” kata perempuan yang pernah menjabat Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendahaan Jawa Timur ini, Senin (01/10).
Senada dengan itu Gubernur Jatim juga mengucapkan apresiasinya kepada Kabupaten/Kota yang telah meraih Opini WTP dari BPK. Pria yang akrab disapa Pakde Karwo ini juga berterima kasih kepada Tim URC (Unit Reaksi Capat) yang bekerja di bawah Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Jatim yang berkolaborasi dengan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jatim, yang telah bekerja secara maksimal mendampingi Kabupaten/Kota selama ini dalam upaya meningkatkan laporan LKPD nya.
“Saya berharap kepada Pemerintah Daerah yang belum mendapat WTP untuk terus berbenah dan memperbaikai laporan keuangannya dan untuk yang sudah meraih Opini WTP untuk terus dapat mempertahankannya, jangan sampai turun Opininya,” ujar Pekde Karwo.
Sementara itu, Bupati Tuban, Fathul Huda setelah menerima Piagam Penghargaan tersebut menuturkan bahwa penghargaan ini adalah wujud apresiasi dari Kementerian Keuangan kepada Pemkab Tuban yang telah meraih Opini WTP atas LKPD Tahun 2017 dari BPK yang menunjukkan bahwa tata kelola keuangan Pemkab Tuban sudah baik, efektif dan efisien. Sehingga capaian ini harus dapat terus dipertahankan dan dijadikan motivasi untuk dapat mewujudkan pemerintahan yang akuntabel dan kredibel.
Bupati juga mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi atas kinerja pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) beserta seluruh Pegawai di lingkup Pemkab Tuban untuk kerja keras dan kehati-hatiannya selama ini dalam mengelola anggaran Pemkab Tuban.
“Penghargaan ini harus di Syukuri bersama dan dijadikan motivasi untuk terus berbenah sehingga lebih baik kedepan” ujar orang nomor satu di Bumi Wali ini. (rto)
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban