Tuban Surplus Gabah 54 Persen

Panen raya di Plumpang
Panen raya di Plumpang

kotatuban.com – Hasil panen padi petani di Kabupaten Tuban melimbah. Selain itu, produksi padi petani Tuban dari tahun ketahun selalu mengalami kenaikan. Sehingga, gabah di Tuban mengalami surplus dan dikirim kedaerah lain diluar Tuban.

Surplusnya produksi padi di Kabupaten Tuban tersebut diungkapkan Bupati Tuban Fathul Huda, Kamis (03/09). Menurutnya, saat ini produksi padi dalam setahun rata-rata petani Tuban menghasilkan padi 533 ribu ton pertahun. Sedangkan, rata-rata kenaikan hasil produksi padi petani pertahun sekitar 3,49 persen.

”Untuk gabah kita tahun ini surplus 54 persen. Sehingga, kelebihan gabah tersebut kita kirim ke beberapa daerah diluar Tuban,” ungkapnya.

Kenaikan produksi gabah tersebut dikarenakan pada saat ini bayak petani yang panen tiga kali dalam satu tahun. Padahal, dulu banyak petani yang hanya panen dua kali dalam satu tahun, dikarenakan para petani masih mengandalkan pertanian tadah hujan dan aliran sungai untuk pengairan areal pertanian.

”Kalau saat ini banyak petani yang sudah menggunakan teknologi pertanian. Seperti para petani memanfaatkan air bawah tanah, dan bibit unggul. Sehingga, bisa panen tiga kali dalam setahun,” tandasnya.

Lebih lanjut Bupati Huda mengatakan, untuk luas lahan pertanian padi di Kabupaten Tuban seluas 86.481 hektar. Sedangkan, hasil produksi padi perhektar mencapai 5-6 ton permusim tanam. ”Kita juga terus meningkatkan kapasitas dan SDM petani Tuban. Sehingga, hasil produksi akan terus meningkat,” pungkasnya. (duc)

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.