Umat Khonghucu Doakan Warga Muslim Rohingya

kotatuban.com – Umat Khonghucu Kabupaten Tuban menggelar sembahyang rebutan di Klenteng Tjoe Ling Kiong Jalan Panglima Sudirman, Kamis (08/09). Selain berdoa untuk para arawah yang tidak terurus oleh keluarga, sembahyang rebutan tersebut juga mendoakan muslim Rohingya di Rakhine, Myanmar.
”Sembahyang rebutan ini selain mendoakan para arwah yang tidak terurus oleh keluarganya, pada kesempatan ini kami juga berdoa untuk umat muslim Rohingya di Rakhine, Myanmar,” ujar Ketua Klenteng Tuban, Gunawan Putra Wirawan.
Lebih lanjut Gunawan mengatakan, umat Khonghucu Tuban mengutuk keras terhadap kekerasan yang menimpa umat muslim Rohingya. Untuk itu, umat berdoa agar konflik tersebut segera berakhir.
”Kita berdoa agar konflik tersebut secepatnya berakhir, dan dapat hidup rukun dengan berdampingan,” tandasnya.
Selain itu, Gunawan juga berharap agar konflik di Myanmar tersebut tidak dibawa kepada isu sara. Dan yang terlebih lagi konflik tersebut jangan sampai dibawa ke Indonesia. ”Indonesia itu sudah aman dan tentram jangan sampai isu di Myanmar dibawa-bawa ke Indonesia,” tandasnya.
Menurutnya, pada sembahyang rebutan kali ini pihak klenteng menyediakan 500 buceng sumbangan dari umat. Buceng tersebut berisi beras, gula, mie instan, garam, dan berbagai makanan ringan.
”Kami menyediakan 500 buceng pada sembahyang rebutan kali ini. Buceng-buceng tersebut selai dibuat rebuatan warga sekitar klenteng juga buat umat,” pungkasnya. (duc)
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban