HJT 100 Mata Katarak Dioperasi

image
Operasi katarak di RSUD Koesma Tuban

kotatuban.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. R. Koesma, menggelar operasi katarak mata secara gratis buat warga Tuban. Kegiatan yang bekerjasama dengan TNI AL dan PT Sido Muncul tersebut dalam rangka memperingati HUT Korps Marinir ke-70 tahun dan Hari Jadi Tuban (HJT) ke-722 tahun, Sabtu, (21/11).

Direktur RSUD dr. R. Koesma Tuban, dr. Zainul Arifin, mengatkan, bahwa kegiatan ini sebagai tanggung jawab sosial buat masyarakat pada bidang kesehatan. Operasi katarak ini di ikuti 21 pasien untuk 22 mata dari target operasi 100 mata.

“Untuk operasi yang lain akan dilakukan pada hari berikutnya, setelah pasien memperoleh sekening atau rekomendasi dari Pukesmas,” ungkap dr. Zainul.

Lebih lanjut, dr. Zainul menegaskan, dalam operasi secara gratis ini melibatkan empat dokter mata. Mereka terdiri dari dua dokter RSUD dan dua dokter dari Marinir.

Sementara itu, Dirut PT Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat, berharap kegiatan ini bisa mengurangi penderita buta katarak di Indonesia, khususnya Tuban. Sehingga, warga Tuban merasa terbantu dan dapat meringankan beban pasien.

“Kita berharap, tahun-tahun ke depan bisa lebih banyak lagi mata yang dioperasi secara gratis, dengan dukungan yang diberikan oleh masyarakat maupun lembaga atau organisasi masyarakat,” katanya.

Operasi katarak yang dilaksanakan Sido Muncul sendiri sudah dilaksanakan sejak 2011 hingga Nopember 2015 ini. Selama beberapa tahun itu, sebanyak  43.362  mata yang telah dioperasi di 27 provinsi, 205 kota atau kabupaten, dan di 225 rumah sakit di Indonesia.

Kegiatan itu dibuka oleh Komandan Koprs Marinir (Dankarmar) Mayor Jendral TNI (Mar) Bayung Lalana. Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Tuban, Ketua DPRD Tuban, Miyadi, Sekkab Tuban, Budiwiyana dan sejumlah pejabat Pemkab Tuban lainnya. (yit)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban