Ganggu Lalin Mobil Pengangkut Jerami Ditilang

Muat jerami ditilang
Muat jerami ditilang

kotatuban.com—Petugas Satlantas Polres Tuban tak memberi ampun lagi bagi kendaraan yang melanggar aturan. Seperti kendaraan pengangkut jerami langsung ditilang. Sebab, selain muatannya berlebihan juga mengganggu pengguna jalan lain. Rata-rata kendaraan bak terbuka yang muat damen, muatannya meluber ke kanan kiri bak kendaraan, sehingga, pengguna lalin di belakangnya sangat terganggu.

Tindakan tegas ini dilakukan, karena sebelumnya petugas telah memberikan sosialisasi terhadap pengemudi untuk tidak mengangkut jerani berlebihan. Selain itu petugas juga memberikan arahan supaya para pengemudi menutup muatan jerami itu.

“Kita sudah lama melakukan sosialisasi. Tapi, mereka masih melanggar, maka kita tidak tegas,” terang AKP Faqih, Kasat Lantas Polres Tuban, Jumat (16/10) saat melakukan razia pengguna lalulintas.

Menurutnya, untuk penindakan yang pertama dilakukan oleh anggota Lalu Lintas dengan cara memberikan teguran kepada para pengemudi bak terbuka yang mengangkut jerami secara berlebihan. Jika memang mereka kembali melakukan pelanggaran maka baru dilakukan tindakan tilang.

“Selama ini banyak kendaraan pengangkut jerami yang berlebih dan hanya ditutup dengan terpal sebagai syarat saja. Sejauh ini masih kita bersifat teguran, kalau masih dilakukan baru kita tilang,” lanjutnya.

Kasat Lantas menjelaskan jika kegiatan sosialisasi terhadap para sopir pengangkut jerami sudah sering dilakukan melalui polsek-polsek yang ada di Kabupaten Tuban untuk menggunakan penutup terpal. Karena kalau dibiarkan saja justru melanggar aturan karena muatan berlebihan.

“Kalau kita stop malah kasihan, karena memang jerami menjadi kebutuhan untuk pakan ternak di musim kemarau. Makanya kami menghimbau muatannya supaya tidak terlalu berlebihan dan harus ditutup terpal,” pungkasnya. (*)

 

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.