Hutan Jati Pakah Kembali Terbakar

Kawasasn hutan jati yang terbakar
Kawasasn hutan jati yang terbakar

kotatuban.com-Belasan hektar lahan hutan jati di Tuban di Pakah, Plumpang kembali terbakar. Kondisi cuaca yang cukup panas membuat kobaran api menyebar dengan cepat hingga mendekati kawasan jalan raya pantura Tuban arah Surabaya.

Kebakaran sendiri terjadi di kawasan petak 80, Rsort Pemangkuan Hutan (RPH) Pakah, Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Plumpang, Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Tuban.

“Pagi sudah mulai ada api, dan terus menjalar, petugas sudah berusaha dengan membuat pemisah atau sekat daun-daun yang kering dari titik api, agar api tidak terus menjalar,” terang , petugas perhutani RPH Pakah, BKPH Plumpang, KPH Tuban Sutiyono.

Banyaknya ranting dan daun kering akibat cuaca panas membuat api cepat membesar dan terus menjalar dari satu titik ke titik lainnya. Kondisi ini diperparah denganperalatan minim dan jumlah petugas di lokasi yang belum memadai.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran hutan ini, petugas menduga kebakaran hutan ini akibat ulah warga yang sengaja melakukan pembakaran  hutan, atau warga yang dengan senjaga membang puntung rokok yang kemudian membakar semak dan daun kering di Hutan.

“Belum tahu penyebab pastinya, tapi hamper tiap tahun terjadi, mungkin disengaja atau warga yang mmbuang putung rokok membakar daun kering,” terangnya.

Sementara Itu, Kepala Badan Penanggulangan Benana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban mencatat, selama musim kemarauu, kebakaran hutan dengan skala cukup besar terjadi sedikitnya 13 kali. Penyebabnya hampir sama yakni kelalaian manusia atau pun dengan unsur kesengajan.

“Kami sudah mencatat ada belasan kebakaran dihutan, ini sesua laporan yang kami terima,” terang Jooko Ludiyono.(kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban