Inspektorat Rekomendasi Sanksi 15 PNS Nakal

image
PNS yang tidak disiplin dipastikan kena sanksi

kotatuban.com – Tahun 2015  Dinas Inspektorat Kabupaten Tuban memberikan sanksi kepada 15 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban. Pasalnya, ke 15 abdi negara tersebut telah melakukan pelanggaran baik disiplin maupun kode etik PNS.

”Sanksi tersebut kita berikan berbagai macam katagori, ada sanksi tertulis, lisan dan pernyatan tidak puas. Sedangkan, sanksi terberat hanya satu PNS lantaran melakukan pelanggaran pidana,” terang, Sekretaris Dinas Inspektorat Kabupaten Tuban, S.Y Emanuel, Rabu, (17/02).

Dalam pemberian sanksi terhadap PNS, Insepktorat dibantu oleh empat tim, yakni tim dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD), bagian hukum pemerintahan, bagian organisasi pemerintahan dan Inspektorat sendiri. Selanjutnya empat tim memberikan rekomendasikan kepada bupati untuk dikenakan sanksi bagi PNS yang  melanggar.

”Nanti yang memberikan sanksi itu bupati, kita hanya memberikan rekomendasi saja,  sesui aturan dan bobot pelanggaran,” terangnya. 

Menurutnya, bagi para PNS yang tidak bisa disiplin akan ditindak tegas sesuai PP nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS atau PP nomor 42 tahun 2004 tentang kode etik PNS. Untuk menjalankan aturan tersebut Inspektorat selalu melakukan inpeksi menadak (Sidak) baik di kantor-kantor maupun tempat lain yang menjadi tempat PNS nongkrong.

”Ketika ditemukan pelanggaran kode etik atau disiplin PNS, kita tidak akan mentoleransi mereka. Dan akan melakukan tindakan sesuai aturan yang berlaku,” terangnya.

Lebih lanjut, Emanuel mengatakan, setiap kerja PNS terikat waktu dalam kerja selama 7,5 jam setiap hari. Selanjutnya, ketika ada pelanggaran kedisiplinan, baik keterlambatan bertugas, maka sanksi akan diakumulasikan selama setahun.

”Akumulasi keterlambatan kerja selama 5 hari akan diberi teguran lisan, 10 hari tertulis dan 15 hari pernyataan tidak puas, dan itu akan kita laporkan kepada bupati untuk diberikan sanksi kepada PNS tersebut,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban