Jadi Langganan Banjir Setiap Musim

image
Jalan poros kecamatan di Plandirejo, Plupang jadi langganan banjir

kotatuban.com-Jalan poros kecamatan yang menghubungkan Desa Plandirejo dan Bandungrejo, Kecamatan Plumpang, Tuban tergenang air. Akibatnya mobilitas warga dari dan menuju dua desa tersebut terganggu  lantaran air menggenang. Bahkan tidak sedikit kendaraan yang berasal dari luar kecamatan putar balik lantaran takut mogok melintasi jalur tersebut.

Pantauan di lapangan, terdapat sedikitnya 5 titik genangan air dijalan kurang lebih 500 meter dengan ketinggiannya mencapai lutut orang dewasa.

Karjan (52) warga Plandirejo, Kecamatan Plumpang, Tuban ditemui di lokasi mengatakan, jalan poros ini sudah tergenang air selama dua hari. Diperkirakan surutnya bakal lama, pasalnya air sungai sedang meluap. Sedangkan, kiriman air dari daerah hulu diutara Plumpang membuat debet air terus bertambah setiap kali hujan.

Tidak hanya menggenangi jalan, puluhan hektaran sawah di dua desa itu juga terendam dan sebagian terpaksa panen dini lantaran bulir padi menyentuh air.

“Sudah lama sungai di sini dangkal, aliran jadi kurang lancer, biasanya banjir seperti ini akan berlangsung minimal 3 hari, itu kalau tidak ketambahan air hujan,”ungkap Karjan.

Diapun berharap, pemerintah memberikan solusi, bukan persoalan air yang menggenang di jalan saja namun juga lahan pertanian yang hamper tidak dapat ditanami setiam musim penghujan.

“Kalau tidak segera ditangani akan seperti ini terus, para petani berharap segera ada penanganan, agar tidak begini terus” harapnya

Menanggapi keluhan warganya itu, Camat Plumpang, Sudarmaji memastikan, pihaknya sudah melaporkan hal tersebt kepemerintah kabupaten agar segera mendapatkan penanganan.

“Kami sudah berkordiasi dengan pemerintah kabupaten, mudah mudahan segera realisasi penanganananya,” ungkapnya. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban