Jamaah Haji Asal Tuban Selamat dari Musibah Lempar Setan

ilustrasi. rinduhajiumroh.blogspot.com
ilustrasi. rinduhajiumroh.blogspot.com

kotatuban.com-Seluruh Jamaah Haji (JH) asal Kabupaten Tuban yang berangkat dengan kloter 35 dan 36, seluruhnya dilaporkan selamat dari tragedi di Mina, yang menewaskan ratusan jamaah haji saat melaksanakan ibadah lempar jumroh.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh, Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban Abdul Gofar menjelaskan, saat tragedi berlangsung, jamaah haji asal KabuatenTuban sudah selesai melaksanakan lontar Jumroh atau ibadah sebagai simbul menghalau setan itu.

“Saat kejadian itu jamaah haji asal Tuban sudah selsai melaksanakan lontar Jumroh,” kata Gofar, Jumat (25/9).

Selain itu lanjutnya, tempat kejadian yang menewaskan sejumlah jamaah haji tersebut berbeda dengan rute yang dilewati oleh jamaah asal Tuban, sehingga seluruh jamaah haji Tuban yang berjumlah 633 jamaah seluruhnya aman.

“Rutenya juga berbeda, kejadian yang menewaskan sejumlah jamaah haji itu berada di lantai satu, tempat lain dengan jamaah asal Tuban,” tambahnya.

Ghofar menghimbau seluruh keluarga jamaah haji asal Tuban tidak cemas dan khawatir, pihaknya juga akan selalu memberikan informasi terkait kondisi jamaah selama melaksanakan ibadah di tanah suci.

Sementara itu, salah satu keluarga jamaah haji warga Kecamatan Kerek, Siti Zulaihah, mengaku, kejadian tersebut membuat dia kawatir karena kerabatnya tengah melaksanakan ibadah haji. Setelah mendengar informasi musibah itu, ia dan keluarga lainnya sibuk mencari informasi terkait masalah itu. Bahkan, ada yang menghubungi keluarga yang tengah menjalankan ibadah haji.

“Usia melihat berita di TV saya langsung menghubungi keluarga di sana, alhamdulilah semua baik-baik saja, dan pelaksanaan ibadah juga lancar,” katanya.

Adapun jamaah haji asal Tuban dijadwalkan kembal ke tanah air pada 14 Oktober mendatang, saat ini pihak Kemenag Tuban telah melaksanakan kordinasi sekaligus persiapan penjemputan jamaah di Surabaya. (kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban