Jelang Mudik, Dishub Periksa Kelayakan Kendaraan

image
Petygas Dishub saat peeiks kelayaan kendaraan

kotatuban.com – Dinas Perhubungan (Dishub) dan juga anggota Satuan Lalu Lintas Polres Tuban melakukan pemeriksaan kelayakan kendaraan, Rabu (22/06). Pemeriksaan tersebut untuk memastikan kelayakan jalan kendaraan menjelang arus mudik hari raya idul fitri. 

Setiap bus dan Mobil Pengangkutan Umum (MPU) yang masuk di Terminal Kambang Putih, Jalan Tuban-Semarang dilakukan pemeriksaan. Mulai kelayakan mesin, lampu, kaca, rem kendaraan, kelayakan ban, surat kendaraan, dan juga kelengkapan yang lain.

”Pemeriksaan kelayakan kendaraan kita lakukan sebelum angkutan lebaran, untuk memastikan kondisi kendaraan dalam kondisi baik,” jelas Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Darat di Dishub Tuban, Sukartiwi. 

Secara keseluruhan, baik bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang beroperasi sebagian besar masih layak beroperasi. Namun, rata-rata bus tersebut tidak dilengkapi palu pemecah kaca.

”Rata-rata bus tidak ada palu pemecah kaca, untuk digunakan jika dalam keadaan darurat. Dan kita telah peringatan agar sopir melengkapi palu pemecah kaca tersebut,” tandasnya.

Hanya saja, ada satu bus yang terkena tilang karena surat trayeknya tidak sesuai, serta ada satu bus yang bannya mulai rusak tetapi pengemudi melengkapi dengan ban cadangan.

”Iya ada surat yang tidak lengkap, sehingga kena tilang,” kata sopir yang terkena tilang, Damin, asal Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Selain bus, petugas juga menilang dua MPU yang kelengkapan surat kendaraan kurang. Penindakan untuk surat kendaraan yang tidak sesuai merupakan intruksi langsung dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban