JOB PPEJ : Tidak Ada Kebocoran Pipa di Laut Tuban

kotatuban.com  – Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ) menyatakan tidak ada kebocoran pipa di laut Tuban. Namun, yang ada hanya rembesan akibat kegiatan pembersihan sisa minyak yang ada dalam pipa lama yang sempat bocor pada 20 Agustus lalu.  

Kegiatan pembersihan sisa minyak yang ada di dalam pipa yang sebelumnya bocor dilakukan dengan memompaan air ke dalam pipa. Pipa tersebut dalam kondisi tidak beroperasi sejak terjadinya kebocoran yang lalu. 

”Jadi ini bukan kebocoran minyak, tetapi ada rembesan sisa minyak yang keluar saat JOB PPEJ berupaya membersihkan pipa lama yang sempat bocor Agustus lalu,” kata Field Manager JOB PPEJ Junizar Harman, Kamis (15/10).

Menurutnya, kegiatan pembersihan pipa lama ini perlu dilakukan untuk  memastikan tidak ada sisa minyak di dalam pipa sebelum dilakukan perbaikan permanen.

”Kegiatan ini bagian dari prosedur kerja yang mengharuskan kami memperhatikan aspek keamanan, keselamatan dan kelestarian lingkungan,” tegas Junizar. 

Sebagai ilustrasi, pipa yang sekarang beroperasi bekerja pada tekanan 450-500 psig, sedangkan tekanan yang diterapkan untuk pembersihan pipa tidak lebih dari 60 psig yang dimaksudkan untuk mendorong sisa minyak dengan air.

”Sebelumnya pipa tersebut telah ditest dengan tekanan yang sama yakni 60 psig dan tidak bocor. Namun kali ini ternyata ada rembesan yang keluar dari clamp atau lubang yang sama. Jadi sama sekali tidak ada lubang atau kebocoran baru,” katanya.

Lebih lanjut Junizar mengatakan, kegiatan pembersihan pipa itu dilakukan, Kamis (14/10) pukul 09:00 Wib, oleh tim JOB PPEJ  mulai menaikkan tekanan pada pipa lama dengan tekanan air menggunakan jalur pipa 8”. Pada pukul 09:20 tekanan mencapai 60 psig pada saat itulah ditemukan adanya rembesan  di area pemasangan Plidco Smith Clamp. Saat itu juga valve  langsung ditutup. 

”Saat itu juga tekanan langsung diturunkan  sampai 0 psig  di palang manifold. Sampai pukul 15:00, tim JOB PPEJ memastikan sudah tidak ada rembesan  di area Plidco Smith Clamp dan rembesan minyak sudah berhasil dinetralkan,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban