Jual Miras Mini Market Langsung Ditutup

Mini market sudah tak jual minuman beralkohol
Mini market sudah tak jual minuman beralkohol

kotatuban.com-Mini market yang tetap nekat menjual minuman beralkohol bakal ditutup dan ijinnya dicabut. Langkah tegas itu setelah diberlakukannya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 6 tahun 2015 tentang Pengendalian dan Pengawasan Minuman Beralkohol.

“Sosialisasinya sudah lama, sejak Januari, kala masih ada yang jual berarti mereka dengan sengaja tidak memperhariklan edaran itu,  kalau sudah seperti itu patut diberi sangsi tegas,” ujar Kasi Meterologi dan Perlindungan Konsumen, Bidang Perdagangan Dinas perekonomian dan Pariwisata Kabupaten Tuban, Sunaryo, Jumat (17/4).

Sebelumnya aturan untuk larangan penjualan minuman beralkohol di mini market itu dikeluarkan pada Januari lalu. Sebelum diberlakukannya dan dilakukan sosialisasi pengelola mini market untuk menarik seluruh minuman beralkohol yang dijualnya.

“Kami juga akan kordinasi dengan Satpol PP dan kepolisian untuk menegakkan aturan tersebut,” terangnya.

Adapun aturan tersebut diterbitkan untuk memastikan minuman beralkohol tidak gampang didapatkan. Keberadaan  minuman beralkohol di mini market dikhawatirkan mempermudah peluang mendapatkan dan peredaranya semakin tidak terkendali. “ Hal itu untuk melindungi generasi muda dari kecanduan alkohol,” tambah Sunaryo.

Dalam aturan juga disebutkan, minuman keras hanya boleh dijual di restouran dan kafee, kemudian penjualan barang itupun dikenaipajak 21 persen.

Sementara itu, pantaauan kotatuban.com disejumlah mini market, seluruh jenis minuman beralkohol yang semula betengger dietalase maupun lemari pendingin sudah tidak nampak. (kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban