Jumlah Pengangguran di Tuban Tinggal 20 Ribu

Bursa tenaga kerja
Bursa tenaga kerja

kotatuban.com-Jumlah pengangguran di Kabupaten Tuban tercatat masih 20.644 orang. Dari 569.185 angkatan kerja yang sudah mendapatkan pekerjaan sekitar 548.541 orang. Sisanya, sekitar 3,3 persen masih belum mendapatkan pekerjaan.

Masih banyak angkatan kerja yang belum mendapatkan pekerjaan dikarenakan tidak seimbangnya pertambahan jumlah angkatan kerja dengan ketersediaan lapangan kerja.

“Saat ini jumlah pengangguran masih cukup lumayan ada 3,63 persen dari jumlah angkatan kerja di Tuban yang jumlahnya sekitar 569.185. Ini terjadi karena jumlah angkatan kerja selalu bertambah, sedangkan jumlah lapangan kerja tidak sebanding dengan pertambahan itu,” ujar Kepala Dinas Sosial Temaga Kerja dann Tramsmigrasi (Dinsosnakertran) Kabupaten Tuban, Nurjanah, usai mengikuti pembukaan pameran bursa kerja di gedung olahraga Jaya Anoraga Tuban, Rabu (20/5).

Dikatakan, setiap tahun lulusan sekolah menengah atas jumlahnya ribuan, sementara kita tahu tidak seluruhnya melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Artinya ada pengangguran baru tercipta setiap tahunya.

Nurjanah berharap, adanya pameran bursa kerja yang dilaksanakan hari ini, Rabu (20/5) dan besok, mampu menyerap angkatan kerja di Tuban,  meski jumlah lowongan tidak sebanding dengan jumlah angkatan kerja yang ada.

“Mudah mudahan 1.635 lowongan yang di buka dari 33 perusahaan seluruhnya terisi, dengan begitu dapat mengurangi jumlah pengangguran,” harap Nurjanah.

Sementara itu lokasi pameran burja kerja terpantau padat oleh pengujung, mereka nampak memilih dan mengambil brosur lowongan kerja yang ditawarkan oleh perusahaan peserta pemeran.

“Ini lagi carinlowongan mas, siapa tahu ada yang cocok,” kata Ricksa (18) pengunjung yang mencari lowongan kerja disalah satu stan pameran kerja. (kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban