Jurnalistik Butuh Kerja Keras dan Kejelian

Siswa antusias ikuti materi
Siswa antusias ikuti materi

kotatuban.com-Jurnaistik adalah industri dan ilmu masa depan yang tidak pernah mundur. Profesi jurnalistik juga dipandang sebagai profesi yang membutuhkkan kerja keras dan kejelian, agar karya jurnalistik mempu menjadi sajian yang informatif serta mendidik.

Demikian diugkapkan Waka Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Tuban, Agus Siswanto, dalam pembukaan kegiatan sekolah jurnalistik Ronggolawe Pers Solidarity (RPS) bekerjasama dengan PT Semen Indonesia di SMKN 2 Tuban, Sabtu (20/9).

“Jurnalistik adalah industri masa depan, yang tidak pernah mundur. Jurnalistik akan terus berkembang seiring dengan perkmbangan zaman,” tambah Agus Siswanto.

Ditambahkan, kegiatan yang dilakukan wartawan di yang tergabung dalam RPS ini dapat memberikan nilai tambahbagi siswa.

“Kami menyambut gembira kegiatan positif yang dilaksanakan rekan wartawan Tuban untuk anak-anak didik kami, semoga nanti ada diantara anak-anak yang menjadi jurnalis,” ungkap Agus.

Agus berharap, setelah kegitan ini, siswa SMKN yang telah memiliki majalah sekolah dapat lebih baik dalam mengelola majalah sekolah maupun mading sekolah, sesuai kaidah jurnalistik dan tata tulis serta penyajian yang baik.

“Harapan kami setelah ini, majalah kami yang terbit semesteran bisa terbit per tiga bulan, karena kalau satu bulanan mungkin masih sulit,” harap Agus.

Sementara itu, Maulina Yulianti, salah satu peserta mengaku, senang mengikuti kegiatan jurnalistik yang diselenggarakan RPS di sekolahnya. Siswi yang duduk di bangku kelas X ini juga terlibat dalam redaksi majalah sekolah ini berharap, ilmu yang diperoleh dalam kegiatan ini dapat menambah pengetahuan untuk meningkatkan kualitaas majalah sekolahnya.

“Harapanya kegiatan ini dapat memperbaiki dan menambah ilmu kami untuk membuat majalah sekolah kami lebih baik. Jika selama ini tulisan kami mungkin masih belum baik secara pandangan jurnalistik, dengan kegiatan ini Insya Allah akan lebih baik, ”  harap Maulina Yulianti.

Kegiatan road sow ke sekolah-sekolah dan kampus yang dilakukan RPS di SMKN 2 Tuban merupakan sekolah ke 29 dari  32 sekolah yang rencananya akan menjadi lokasi kegiatan pelatihan. “Ini sekolah yang ke 29 dari 32 sekolah yang kami rencanakan,” ungkap Ketua Pelatihan Jurnalistik RPS Tuban, Dion Fajar Arianto. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban