Kades Tunggu Kucuran Dana 1 Milyar

kotatuban.com – Sejumlah kepala desa (Kades) di Kabupaten Tuban menunggu kucuran dana sebesar Rp 1 milyar dari Kementerian Desa Tertinggal dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Pasalnya, dana desa tersebut digadang-gadang untuk mempercepat pembangunan desa.

”Kita sudah menunggu-nunggu cairnya dana desa ini sudah lama. Katanya dana tersebut cairnya bulan April ini, tapi sampai sekarang belum cair,” terang, Kades Glondonggede, Kecamatan Tambakboyo, Kastur kepada  kotatuban.com.

Sementara itu, Kades Sugiharjo, Kecamatan Tuban, Karso mengatakan, pihaknya sampai saat ini masih menunggu cairnya dana desa yang sampai saat ini belum cair juga. Sebab, pemerintah telah menjanjikan dana pembangunan desa tersebut dicairkan paling lambat pada April ini.

”Dulu katanya dana desa itu paling lambat dicairkan pada bulan April ini. Tapi sampai sekarang kok belum ada kepastian,” ungkapnya.

Terpisah, Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Husaien saat dikonfirmasi  kotatuban.com terkait keterlambatan dana desa tersebut mengatakan, keterlambatan pencairan dana desa dikarenakan ada perubahan peraturan pemerintah (PP) tentang tatacara pencairan dana desa tersebut.

”Kalau PP yang dulu indikatornya pendapatan dana desa perdesa tergantung luas wilayah, jumlah penduduk, dan jumlah penduduk miskin. Tapi aturan yang baru ini semua desa mendapatkan anggaran yang sama. Perubahan ini lah yang membuat keterlambatan pencairan  dana desa tersebut,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban