Kadinkes Periksa Kesehatan Pasangan Lansia Terlantar

image
dr. Saiful Hadi saat memeriksa kesehatan Pasutri yang hidup terlantar

kotatuban.com-Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Saiful Hadi, periksa kesehatan pasangan suami istri terlantar, Buchori (76) dan Sumiarti (73) warga Dusun Wonorejo, Desa Gesing, Kecamatan Semading, Tuban, yang menderita stroke hingga menyebabkan kelumpuhan.

“Tadi kami periksa kesehatannya dan sekaligus kami berikan obat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Saiful Hadi, usai memeriksa kesehatan pasutri tersebut, Jumat (20/11).

Saiful menjelaskan, Bukhori menurut hasil pemeriksaan yang dilakukan menderita penyakit jantung hingga menimbukan bengkak di bagian kaki, akibatnya membatasi ruang gerak Bukhori. Sementara, Sarmiati menderita stroke kanan cukup parah yang membuatnya tidak dapat bergerak dan terbaring lemah di tempat tidur.

“Pak Bukhori mennderita sakit jantung, hingga menimbulkan bengkak di kaki, sedangkan istrinya mengalami stroke yang membuatnya tidak dapat bergerak dan lumpuh,” terang Saiful.

Setelah kunjungan tersebut kata Saiful, pihaknya akan langsung memerintahkan Kepala Puskesmas yang membawahi wilayah tenpat tinggal kedua lansia tersebut agar memberikan pelayanan kesehatan dan pemantauan kondisi kesehatan keduanya. Minimal satu minggu sekali petugas puskesmas memeriksa kesehatan dan memberikan obat kepada keduanya.

“Kami kira itu tidak dapat disembuhkan, namun, kesehatan keduanya harus tetap dijaga,  besok akan kami minta Kepala Puskesmas Wire yang membawahi wilayah itu untuk memeriksa kesehatan mereka dan memberikan obat-obatan.”  kata Kepala Dinas Kesehatan itu.

Saiful berharap, pemerinta maupun dernawan dapat memberikan perhatian bagi lansia yang sudah tidak dapat melakukan apa-apa tersebut. Mereka dipastkan tidak dapat bekerja dan untuk makan serta kebutuhan lainnya hanya mengandalkan pemberian para tetangga.

“Kami berharap pemerintah melalui dinas terkait juga memberikan sokongan, minimal sembako, sebab keduanya tidak dapat beraktifitas,” harap Saiful.

Diberitakan sebelumnya, pasangan lansia tersebut menjalani hari tua mereka dengan kondisi memprihatinkan. Untuk mempertahankan hidup mereka hanya mengandalkan belaskasih tetangga yang member makanan dan perhatian.(kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban