Kartini Pucangan Kirap Keliling Kampung

image
Kartini Pucangan keliling kampung

kotatuban.com-Peringatan hari Kartini rupaanya tidak hanya dilakukan oleh pelajar dan instansi pemerintahan saja. Ibu-ibu pedesaan juga turut merayakannya. Dengan memakai kebaya yang disimbulkan pakaian Kartini.

Seperti yang dilakukan puluhan ibu-ibu runah tangga di Desa Pucangan, Kecamatan Montong, Tuban. Mereka dengan berkebaya keliling kampung dengan diiringi musik rebana  menyemarakkan momen hari Kartini, Kamis (21/04),

Salah seorang peserta, Nanik (55) mengatakan, kegatan tersebut sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa besar Kartii dalam memperjuangkan hak-hak perempuan atau emansipasi perempuan yang diperingati setiap tahun pada 21 April.

“Ingin memperingati hari Kartini saja, sambil mengenang perjuangan pahlawan perempuan  itu di masa lalu,” terang Nanik.

Menurut Nanik, kegiatan itu dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan siswa Taman Kanak-kanak (TK) yang juga tengah memperingati hari Kartini. Kebetulan juga cucunya yang juga siswa di sekolah setempat ikut serta dalam kegiatan Kartinian.

“Ini juga mengajarkan kepada anak-cucu kita, jadi tidak hanya meminta mereka mengenang jasa pahlawan, namun, kita juga ikut memperingati sekaligus memberi contoh kepada mereka,” kata Nanik.

Sementara kegiatan keliling kampung itu juga mendapatkan apresiasi dari warga sekitar, mereka nampak berjajar di pinggir jalan untuk menyaksikan kirap-ibu-ibu peringati hari Kartini itu.

“Bagus ada ginian, jadi tidak hanya anak-anak atau pelajar saja yang memperingati, tapi orang dewasa juga patut memperingati hari ini sebagai wujud terimakasih kepada pejuang wanita Ibu Kartini,” terang Devi, ibu rumah tangga saat menyaksikan kirap kartinian Ibu-ibu di Desa Pucangan. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban