Karyawan WOM Gelapkan Puluhan BPKB Nasabah

Pelaku saat di Mapolres Tuban
Pelaku saat di Mapolres Tuban

kotatuban.com– Dony Firmansyah (DF), warga Kutorejo, Tuban, karyawan PT WOM Finance dilaporkan kepolisi lantaran diduga menggelapkan 45 Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) milik nasabah lembaga pembiayaan tersebut.

Informasi yang berkembang, BPKB yang dijaminkan di perwakilan PT WOM Finance Tuban digadaikan di sejumlah bank perkreditan di Tuban dan Lamongan oleh pelaku sejak 2013 lalu. Puluhan dukumen kendaraan bermotor itu pelaku digunakan untuk jaminan utang sebesar Rp376.536.500 dari sejumlah bank perkreditan.

Akibat ulah pelaku itu, nasabah yang telah melunasi utangnya di PT WOM Finace tidak bisa mendapatkan BPKB yang telah dijaminkan. Setelah dilakukan penlusuran akhirnya diketahui banyak BPKB yang tidak ada di brangkas penyimpanan. Akhirnya, masalah itu oleh managemen PT WOM Finance dilaporkan ke Polres Tuban.

“Setelah kami mendalami, identitas pelaku diketahui dan akhirnya pelaku ditangkap untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,” terang Kasubag Humkas Polres Tuban, AKP Elis Suendayani, Senin (14/9) di Mapolres Tuban .

Dikatakan, pelaku mudah mendapat BPKB nasabah, karena pelaku merupakan petugas pemegang kunci brankas penyimpanan BPKB milik nasabah di tempat bekerjanya.

“Kebetulan pelaku ini dibagian BPKB, oleh pelaku, BPKB ini kemudian dimasukan ke bank perkreditan di Kabupaten Lamongan sebanyak 23 dokumen, sisanya di gadaikan disalah satu bank di Tuban,” terang AKP Elis.

Selain mengamankan pelaku, petugas kepolisian juga mengamankan 45 dokumen BPKB, 41 bendel berkas pengajuan pinjaman dari nasabah, 4 kartu piutang pengganti berkas pengajuan hutang, dan 16 lembar kartu angsuran dari dua bank tempat mengadaikan BPKB nasabah, di Tuban dan Lamongan. (kim)

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban