Kawal Aksioma, Guru MA Pacitan Sambil Jual Akik

image
Tunggui siswa di Aksioma sambil jualan akik

kotatuban.com-Ada pemandangan menarik dalam pembukaan Ajang Kompetisi Seni dan Olah Raga Madrasah (Aksioma) tingkat Madrasah Aliyah ke-9 se-Propinsi Jawa Timur yang digelar di Aloon-aloon Kabupaten Tuban, Jumat (8/5).

Disalah satu sudut Alon-alon kota, tempat acara pembukaan dan bazar, salah satu guru yang berasal dari Madrasah Aliyah Kabupaten Pacitan, memanfaatkan situasi tersebut dengan  menggelar dagangan batu akik khas Pacitan, yakni batu Kalsedon.

“Kebetulan di rumah saya pengrajin (membuat) akik mas, siapa tahu laku,  makanya tadi saya juga bawa beberapa batu akik khas Pacitan,” ujar Agung  (30) seorang guru dari MAN Pacitan.

Menurut Agung, sepanjang menunggu pelaksanaan upacara pembukaan itu, beberapa batu akik sudah laku dia jual. Harga yang ditawarkan berfariasi dari paling murah Rp250.000 hingga yang paling mahal Rp450.000. 

“Macam-macam mas, tergantung corak dan warna, kalau kecil dengan corak biasa paling murah Rp250.000 ada juga yang sampai Rp450.000,” jawab Agung saat ditanya harga akik dagangannya.

Agung mengatakan, persiapan menjelang detik-detik upacara pembukaan Aksioma memberikan dia kesempatan untuk mengenalkan potensi batu hias yang berasal dari daerah Pacitan yakni Kalsedon. 

“Jenis ini hanya satu dari beberapa batu yang dapat dijumpai di Pacitan, kebetulan ini yang khas, makanya saya juga tidak membawa batu selain jenis ini,” katanya. 

Unuk diketahui, kegiatan yang dibuka  secara langsung oleh Menteri Agama Luqman Hakim Syaifuddin itu, juga dihadiri seluruh Kepala Kantor Kemenang Kota/Kabupaten, Kasi Pendma, dan Kepala MAN se- Jawa Timur. (kim).

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban