Kebakaran Hutan Ancam Kelancaran Arus Mudik

Asap hutan terbakar ganggu pemakai jalan
Asap hutan terbakar ganggu pemakai jalan

kotatuban.com-Kebakaran hutan yang kerap terjadi di kawasan hutan berpotensi mengancam kelancaran arus mudik lebaran

Tak jarang posisi hutan yang terbakar berada tepat d isisi jalan Pantur. Tidak jarang asap yang berasal dari ranting pohon dan daun yang terbakar menganggu jarak pandang.

Menanggapi seringnya kebakaran hutan yang terjadi saat musim kemarau, dan potensi yang dapat mengancam habitat hutan, serta mengganggu pengendara kendaraan,  Wakil Administratur (ADM) KPH Tuban, Muhlisin memgungkapkan, pihak Perhutani Tuban sudah melakukan upaya pencegahan, salah satunya dengan mengintruksikan seluruh petugas lapangan membentuk satgas damkar hutan.

” Petugas lapangan sudah diintruksikan untuk membentuk satgas damkar yang melibatkan LMDH. Kita sudah membuat sekat bakar pada beberapa titik untuk mengantisipasi kebakaran meluas,” terang Muhlisin, Sabtu (4/7).

Tahun ini, pihak perhutani Tuban juga tengah berkonsentrasi mencegah kebakaran atau meminimalisir luasan lahan yang terbakar, salah satunya bersama forum komunikasi LMDH Kabupaten Tuban membangun kerjasama dengan BPBD Tuban, termasuk meminta bantuan untuk pelatihan penanganan bencana kebakaran.

“Kami dan segenap anggota Forum LMDH tengah berencana membangun kerjasama dengan BPBD, salahsatunya untuk penanganan bencana kebakaran ini,” imbuh Muhlisin. (kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban