Kekeringan Diprediksi Hingga Akhir Tahun

image
kotatuban.com-Musim kemarau diprediksi masih akan dirasakan hingga akhir tahun 2015. Hal itu disebabkan, badai Elnino yang masih kuat terasa hingga November. Hal itu sesuai hasil penelitian Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), yang diterima Badan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban.

“Sesuai hasil penelitian LAPAN, Elnino yang terjadi mulai Meli lalu akan terus berlangsung hingga akhir tahun ini. Itu berarti kemungkinan November ini kemarau masih terasa,” terang Manajer Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalops) dan Penanggulangan Bencana, BPBD Kabupaten Tuban, Frans Supriyadi, Senin (02/12).

Hasi penelitian LAPAN akibat venomena Elnino tersebut mengakibatkan wilayah Indonesia termasuk Jawa Timur mengalami kekeringan parah hingga akhir tahun.

Bahkan prediksi 17 model global LAPAN menyebutkan Elnino kuat dengan indeks lebih besar dari positif (+)2 akan terus berlangsung sampai bulan Februari 2016. Hal tersebut memiliki peluang 95 persen, berdasarkan konsensus prediksi probabilitas Elnino Southern Oscillation (ENSO).

“Selain itu, data dari Badan Meterologi Kimatologi dan Geofosika, kekeringan ini lebih parah dibanding dengan tahun sebelumnya, dengan intensitas curah hujan hanya 21 sampai 50 milimeter, termasuk Kabupaten Tuban,” kata Frans.

Sampai hari ini, BPBD mencatat, Sedikitnya, ada 61 desa dan 107 dusun dari 10 kecamatan yang masuk zona kekeringan di Tuban, termasuk wilayah berpotensi kekeringan, dan 46 desa terdampak kekeringan. (kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban