Kemenag Tuban Gelar Rekrutmen Calon Petugas Haji

kotatuban.com – Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban menggelar rekruitmen petugas haji priode tahun 2019, Senin (25/2). Petugas haji tersebut bertugas untuk peningkatan kualitas calon jamaah haji dan mendampingi jamaah haji selama menjalankan ibadah di tanah suci.

Kepala Kemenag Kabupaten Tuban, Sahid mengatakan, kegiatan ini sangat penting, sebab pemikiran petugas haji yang tepat berpengaruh kepada semua rangkaian pelayanan. Selain itu, nantinya petugas haji akan bersosialisasi langsung dengan jamaah haji selama pelaksanaan ibadah haji, maupun sebelum berangkat.

“Seleksi petugas haji ini dilaksanakan di kabupaten/ kota se Jawa Timur secara serentak,” ungkapnya.

Kata Sahid, peserta yang lolos seleksi di tingkat kabupaten atau kota akan berlanjut ke tingkat provinsi. Seleksi tingkat provinsi bertempat di Kanwil Kemenag Provinsi, Seleksi terdiri dari wawancara dan tes berbasis CAT.

“Saat ini Pemerintah sedang menggalakkan kepuasan penyelenggaraan ibadah haji, salah satunya di ukur dari petugas haji. Calon petugas akan dites sesuai kemampuan dan kredibilitasnya sebagai petugas haji,” imbuhnya.

Seleksi dibagi menjadi seleksi administrasi dan kompetensi. Peserta seleksi PPIH terdiri dari PNS/ASN Kementerian Agama, termasuk pejabat, pengawas,  kepala madrasah, penyuluh, dan penghulu. Selain itu ada juga dari unsur organisasi masyarakat dan pondok pesantren.

Sementara itu, Kasi Haji Kemenag Kabupaten Tuban, Umi Kulsum menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk mengakomodir calon petugas yang di butuhkan untuk menyertai jamaah haji. Selain itu, kegiatan ini untuk mendapatkan personalia yang tepat dan mampu menjalankan tugas ibadah tersebut.

“Peserta tes petugas haji ini sejumlah 16 orang, terdiri dari Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) 6 orang, Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) 6 orang dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 4 orang (mengundurkan diri satu orang) sehingga total yang ikut seleksi 15 orang,” beber perempuan yang juga Ketua PC Fatayat NU Tuban ini.(rto)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban