Kenalkan Batik Sejak Usia Dini

caption id=”” align=”alignright” width=”330″ caption=”Anak-anak TKIT Al-Uswah tengah menyaksikan proses membatik”]image[/caption]
kotatuban.com-Kabupaaten Tuban sudah lama terkenal dengan jenis dan corak kain batik. Tidak heran kabupaten berjuluk Bumi Wali ini juga terkenal dengan karya batiknya seperti batik  Gedok, Kecamatan Kerek, dan batik Bongkol, mauoun batik Karang, Kecamatan Tuban.

Seni membatik pun kini menjadi perhatian berbagai pihak agar kekayaan khas itu tidak punah dan terus lestari. Salah satunya dengan mengajarkan karya seni membatik kepada anak-anak. Hal itu terlihat dari aktifitas anak-anak dari Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) Al Uswah yang berkunjung dan belajar mengenal batik di daerah Sumurgung,  Kecamatan Tuban.

“Kita ajak anak-anak mengenal batik, dengan harapan mereka ini yang nantinya akan menjaga kelestarian batik asli Tuban,” ujar Kepala TKIT Al Uswah Tuban, Peni Agustini, Senin (25/01).

Di tempat itu, sejumlah anak nampak asik mengikuti kegiatan dan melihat proses penggoresan tinta batik menjadi berbagai bentuk motif diatas kain polos yang menjadi corak khas batik Tuban.

“Tuban itu terkenal dengan batiknya, makanya kita kenalkan anak-anak sejak dini agar cinta dengan produk negeri sendiri,” terangnya.

Di lokasi itu, siswa juga diberikan sekempatan untuk mencoba membatik di kain putih dengan mengunakan canting (alat batik). Merekapun menggoreskan berbagai motif diatas kain yang disediakan saat berkunjung di tempat membatik.

“Kita ajak siswa langsung mempraktekan setelah melihat proses membatik, dengan kain kecil yang disediakan,” imbuh kepala TK itu.

Sementara itu, di Tuban sendiri terkenal berbagai motif batik. Salah satunya adalah batik gedhok tulis, dengan berbagai motif yang dipengaruhi nilai-nilai budaya dari jawa, islam dan Tiongkok atau Cina.(kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban