Kerap Mangsa Ayam, Ular Sanca Ditangkap Warga  

image
Ukar sanca yang ditangkap warga

kotatuban.com-Warga Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Tuban, tangkap ular besar jenis sanca kembang yang kerap memangsa hewan ternak mereka. Ular tersebut ditangkap tidak jauh dari pemukiman saat beberapa warga mengambil rumput untuk pakan kambing.

“Sebelumnya banyak ayam milik warga hilang mungkin dimangsa ular ini, kemarin malah kelinci pak Untung itu dimakan ular mungkin juga ular ini yang mangsa,” ujar Joko Isnadi, penangkap ular, warga Bektiharjo, Jumat (22/04).

Menurut Joko, penangkapan ular tersebut sebenarnya tanpa dia sengaja. Awalnya warga Bektiharjo tersebut tengah mencari rumput di selatan perkampungan. Saat itu salah seorang warga melihat ular tengah melintas.  Joko yang kemudian diberitahu akhirnya memburu ular yang sempat kabur saat akan ditangkap itu.

“Tadi diberi tahu orang yang kebetulan juga mencari rumput, terus saya tangkap,” terang Joko.

Setelah ditangkap ular sepanjang 3 meter bercorak loreng, dengan berat sekitar 30 kilo tersebut langsug dimasukan dalam karung. Selanjutnya disimpan disalah satu rumah warga Bektiharjo dan menjadi tontonan warga sekitar.

“Diamankan saja dulu biar tidak memangsa ternak lagi,” sambung Joko, usai memelester mulut ular.

Meenurut Joko, ular raksasa yang sudah memangsa ternak warga itu tidak akan dibunuh. Warga berniat melepaskan kembali ular tersebut, namun, di tempat yang lebih jauh dari pemukiman.

“Kalau tidak ada yamg mau memelihara ya akan dilepas lagi ke tempat yang lebih jauh,” katanya.

Sementara itu, Untung salah seorang warga mengaku, penangkapan ular besar di Desa Bektiharjo bukan kali pertama terjadi. Beberapa waktu lalu warga juga menangkap ular sejenis bahkan lebih besar dibanding dengan ular yang tertangkap oleh warga kali ini.

“Kemarin juga ada, malah lebih besar, sudah diamankan dan dipelihara orang,” kata Untung. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban