‎Dinkes Klaim Penderita AIDS di Tuban Menurun

image
kotatuban.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban mengklaim dapat menurunkan angka penderita Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS). Penurunan penyakit yang disebabkan oleh Human Immunodeficiency Virus (HIV) di Tuban tersebut dikarenakan adanya penutupan dua lokalisasi setempat dua tahun lalu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabuaprn Tuban, Saiful Hadi, saat dikonfirmasi kotatuban.com, Sabtu (20/12) mengungkapkan, penurunan angka penderita AIDS di Bumi Wali ini merupakan dampak positif penutupan lokalisasi Tuban beberapa tahun lalu.

”Penurunan angka penderita HIV/AIDS tersebut merupakan dampak positif penutupan lokalisasi di Kabupaten Tuban dua tahun lalu,” ungkapnya.

Menurutnya, angka penderita HIV AIDS di Kabupaten Tuban pada tahun 2013 lalu mencapai 200 penderita lebih. Angka penderita AIDS tersebut di tahun ini menurun menjadi 186 orang penderita, sampai Desember tahun 2014 ini.

”Jumlah penderita HIV/AIDS yang berkurang dari latar belakang Pekerja Seks Komersial (PSK),” tandasnya.

Virus mematikan tersebut, lanjut Saiful, sudah beberapa kali membunuh warga Tuban. Pada tahun inipun, tercatat ada 6 orang yang meninggal dunia karena penyakit ini. Saat ini penderita HIV AIDS tidak lagi didominasi dari latar belakang PSK. Tetapi, juga karena adanya beberapa faktor lain, seperti tertularnya virus ini karena berhubungan seks dengan pasangannya yang telah terjangkit virus tersebut lebih dulu.

”Ada juga suami atau istri yang tertular virus ini karena pasangannya tertular penyakit dari orang lain. Makanya jangan sampai bergonta-ganti pasangan, hal itu dapat menjadi penyebab tertular HIV,” kata Saiful.

Dia juga meminta dan menghimbau kepada masyarakat untuk terus mewaspadai virus mematikan yang sampai saat ini belum ada obatnya tersebut, dengan berbagai cara. Diantaranya dengan setia terhadap pasangan, serta menghindari penggunaan narkoba dan jarum suntik yang tidak steril.

Diketahui, Pemkab Tuban resmi menutup dua lokalisasi besar di Tuban pada kisaran Bulan Januari tahun 2013 lalu. satu adalah lokalisasi Dasin, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, dan lokalisasi Nggandul, Desa Gesing, Kecamatan Semanding. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.