Bersepeda Jadi Gaya Hidup Menyehatkan

kotatuban.com – Sehat adalah dambaan setiap orang, namun, kebanyakan orang menganggap aktifitas fisik dan olahraga adalah hal membosankan. Agar tetap sehat namun menyehatkan, banyak orang yang menjadikan kegiatan fisik sebagai hobi, salah satunya adaah olahraga bersepeda.

Belakangan sepeda menjadi pilihan kebanyakan orang untuk tetap menjaga kebugaran. Mereka bahkan menjadikan bersepeda sebagai hobi dan dengan memodifikasi sepeda mereka menjadi lebih sangar agar kegiatan olah raga tidak membosankan.

Zainul Arifin, ketua komunitas Onthel Cangan mengatakan, agar olahraga bersepeda menjadi kegiatan yang tidak membosankan, komunitas biasanya akan melakukan aktifitas bersepeda ke tempat-tempat baru baik on road (dijalan umum) maupun off road yang sedikit ekstrem di daerah tegalan atau bukit.

“Biar asik Mas, berolahraga jadi tidak membosankan, kadang juga sedikit menantang di hutan atau daerah yang tidak umum,” katanya.

Dia menjelaskan, Komunitas Onthel Cangan sendiri beranggotakan beragam latar belakang, mulai dari Pegawai Negeri Sipil, Guru, karyawan perusahaan hingga pedagang yang seluruhnya memiliki hobi bersepeda.

“Anggotanya macam-macam, ada guru, PNS, pedagang, pokoknya banyak, tidak hanya dari Desa Pucangan, desa tetangga juga menjadi anggota Komunitas Ontel Cangan,” terang Zainul Arifin.

Sementara itu, anggota komuitas lainnya, Widi mengatakan, jika bersepeda saat ini bukan sekedar olahraga, namun, juga sudah menjadi gaya hidup. Salah satunya terlihat dari cara pecinta sepeda merawat sepeda dengan di modifikasi sedemikian rupa. Tidak sedikit dari mereka bersedia mengeluarkan anggaran tidak sedikit demi mendapatkan sepeda dengan penampilan yang diinginkan.

“Sepeda sudah menjadi gaya hidup sekarang, jika dahulu hanya alat olahraga atau kendaraan sekarang juga jadi hobi,” kata Widi.

Saat ditanya bagian yang kerap dimodifikasi pada sepeda, pria dua anak yang juga seorang tenaga pendidik ini mengatakan, stang (kemudi), kaki-kaki (roda) serta bagian (spees). Kecepatan adalah hal yang paling sering dimodifikasi oleh penghobi sepeda, tujuanya agar saat dikendarai sepeda menjadi lebih nyaman dan tampil elegan.

“Paling banyak stang dan kaki-kaki sepeda, seperti roda atau ban yang biasanya diganti lebih besar. Ini akan membuat penampilan sepedah lebih garang,” katanya. (kim)


Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.