Jamaah Haji Dihimbau Waspadai Virus Ebola

Kadinkes Tuban dr Saiful Hadi
Kadinkes Tuban dr Saiful Hadi

kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban mengingatkan kepada para Calon Jamaah Haji (CJH) asal Tuban untuk mewaspadai penyebaran virus ebola. Pasalnya, saat ini virus ebola menyebar terutama di Benua Afrika.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Saiful Hadi, saat ditemui kotatuban.com diruang kerjanya, Senin (01/09). Menurutnya, virus ebola hingga saat ini belum ada vaksin atau obatnya. Sehingga, jamaah haji asal Tuban diharapkan untuk menghindari jamaah asal Benua Afrika.

”Karena virus tersebut bisa menular melalui kontak kulit secara langsung, keringat, maupun melalui cairan dari tubuh lainnya. Sebisa mungkin juga harus mehindari kerumunan-kerumunan jamaah dari negara lain,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Saiful mengatakan, untuk menghindari virus tersebut diharapkan jamaah haji asal Tuban dapat menjaga kondisi tubuh. Selain itu, juga harus menerapkan budaya hidup sehat dan bersih. ”Yang bisa dilakukan para jamaah haji ya menjaga dirinya sendiri-sendiri untuk hidup sehat,” tuturnya.

Dia mengatakan, pihaknya telah melakukan penyuluhan terkait penularan virus ebola saat melakukan ibadah haji kepada calon jemaah. ”Kami terus melakukan sosialisasi terkait berbagai penularan virus atau penyakit, termasuk Ebola, mulai dari Puskesmas yang ada tingkat kecamatan maupun melalui ditingkat kabupaten,” pungkasnya. (duc)

 

 

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.