Masyarakat Tuban Harus Cerdas Obat

kotatuban.com – Bidang kesehatan merupakan salah satu bidang prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban. Sehingga, Pemkab Tuban terus mendorong masyarakat Bumi Wali untuk sadar akan pentingnya kesehatan.
Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Budi Wiyana, pada sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Obat (Gema Cermat) yang digelar Kementrian Kesehatan di Kayu Manis Resto, Selasa (09/05).
Sekda berharap kesadaran masyarakat terkait kesehatan tidak hanya terfokus diperkotaan saja. Namun, hingga pelosok-pelosok desa masyarakatnya sadar akan arti kesehatan. Untuk itu, harus ada kader-kader kesehatan di desa-desa tersebut.
”Kita berharap kedepan diseluruh desa-desa yang ada di Tuban ini ada kader-kader kesehatan,” ungkap Budi Wiyana.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Saiful Hadi mengungkapkan, bahwa Gema Cermat ini merupakan upaya bersama antara pemerintah dan masyarakat melalui rangkaian kegiatan dalam rangka mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar.
”Melalui gerakan ini kita berharap masyarakat itu memiliki pengetahuan bagaimana menggunakan obat yang benar itu,” ungkapnya.
Menurutnya, melalui gerakan ini, diharapkan masyarakat dapat menggunakan obat secara benar, termasuk mendapatkan, meyimpan dan membuang obat dengan benar. Serta masyarakat hendaknya aktif mencari informasi dan bertanya sebelum menggunakan obat. Sehingga masalah kesehatan akibat kesalahan penggunaan obat dapat dicegah.
”Jika masyarakat akan mengosumsi obat itu harus mengetahui apa manfaatnya, kandungan obat itu, efek samping, dan semua informasi tentang obat itu. Sehingga, masyarakat dalam mengosumsi obat dapat sesuai dengan kebutuhan,” pungkasnya. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban